Blogger templates

Jumat, 15 April 2016

Empat Tahap Memaksimalkan E-mail Marketing di Era Media Sosial

Niti Shah, Senior Asia Marketing Manager di HubSpot, perusahaan penyedia layanan Inbound Marketing dan SaaS Sales dari AS, hadir di Fintech Stage Tech in Asia Singapore 2016. Ia menjelaskan bagaimana cara memaksimalkan e-mail untuk melakukan pemasaran.


Mengapa e-mail masih relevan digunakan untuk pemasaran?


Media sosial dan aplikasi perpesanan bisa dibilang sudah mendominasi dunia. Sebagai contoh, Facebook memiliki lebih dari 1,3 miliar pengguna di seluruh dunia. Bahkan pengguna WhatsApp sudah hampir melampaui jumlah pengguna Gmail.


WA vs Email


Begitu juga dengan jenis-jenisnya, selain WhatsApp dan Facebook, ada Twitter, Instagram, dan lainnya. Sehingga muncul masalah bagaimana kamu bisa mengumpulkan daftar kontak yang akan menjadi target pasar dari produk kamu.


Di sinilah e-mail muncul sebagai solusi media komunikasiyang universal. E-mail memungkinkan siapa saja untuk berkomunikasi dengan efektif. Mulai dari komunikasi antar individu, maupun satu invidu ke banyak orang sekaligus. Semua itu bisa dilakukan menggunakan e-mail.


Email 2


Selain itu beberapa hasil riset global juga mengungkapkan bahwa e-mail masih banyak digunakan. Sebagai contoh, jumlah pengguna e-mail di Indonesia hanya dua persen lebih rendah dibandingkan jumlah pengguna aplikasi perpesanan. Bahkan di Singapura, e-mail menjadi sarana komunikasi yang paling sering digunakan.


4 tip memaksimalkan e-mail marketing


4 tahap


Mendapatkan daftar kontak


Sebelum kamu mulai melakukan pemasaran melalui e-mail. Tahap pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencari daftar kontak dari orang-orang yang berpotensi akan menjadi calon pengguna dari produk kamu.


Kamu bisa saja membeli daftar kontak, tetapi hal itu tidak akan maksimal. Karena kamu mengirimkan e-mail ke sembarang orang yang belum tentu ingin menggunakan produk kamu. Sehingga akan berakhir menjadi e-mail sampah bagi mereka.


Email 3


Jadi Niti memberikan beberapa cara untuk mendapatkan kontak e-mail dari orang-orang yang berpotensi menggunakan produk kamu. Misalnya dengan membuat beberapa aset-aset gratis yang bermanfaat. Seperti aset desain situs, ikon-ikon, video seminar, dan lainnya di dalam situs kamu.


Selain itu kamu juga bisa membuat sebuah blog. Menurut Niti, blog merupakan cara yang paling ampuh untuk mendapatkan daftar kontak.


Melakukan segmentasi daftar kontak


Oke, anggap saja kamu telah memiliki sejumlah daftar kontak. Lalu tahap berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengelompokkan kontak-kontak tersebut. Mengapa kamu perlu melakukan hal ini?


Pertama, Niti mengatakan bahwa berdasarkan hasil analisis Hubspot, kenyataannya sebagian besar konsumen tidak ingin menjadi bagian dari kelompok besar. Kedua, setiap orang memiliki masalah dan kebutuhan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kemampuan daya beli mereka.


Dua hal itulah menjadi alasan mengapa kamu harus menyortir daftar kontak yang telah kamu miliki. Di lain sisi, dengan melakukan segmentasi tersebut, kamu bisa menyesuaikan produk sesuai dengan permintaan mereka.


Lebih personal dan ramah dengan perangkat mobile


Email design


Niti memberikan dua hal penting yang perlu diperhatikan saat mendesain e-mail. Pertama adalah membuat agar e-mail yang akan kamu kirim lebih personal dan lebih manusiawi. Caranya adalah dengan selalu menambahkan nama dari kontak kamu di dalam e-mail, sehingga kesannya lebih bersahabat. Begitu juga dengan pemilihan bahasa di dalam e-mail yang sesuai dengan tingkah laku dan reaksi manusia.


Email 1


Kedua adalah memastikan desain e-mail bisa diakses dengan mudah melalui perangkat mobile. Selain karena pengguna smartphone yang banyak, orang-orang juga lebih memilih untuk membuka e-mail dari smartphone. Bahkan, hasil riset mengungkapkan bahwa 80 persen pelanggan akan menghapus e-mail yang tidak terlihat menarik di perangkat mobile mereka.


Mendapatkan kepercayaan dari konsumen


Pada tahap pertama kamu telah mengetahui bagaimana cara mendapatkan daftar kontak, lalu melakukan segmentasi, dan kemudian cara mengirim e-mail yang menarik bagi konsumen. Tahap terakhir yang perlu kamu lakukan adalah untuk mendapat kepercayaan dari konsumen-konsumen kamu.


Niti memberikan beberapa tip untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen, seperti dengan selalu menambahkan tautan untuk berhenti berlangganan. Sehingga konsumen memiliki pilihan untuk berhenti, bila mereka tidak lagi ingin mendapatkan e-mail tersebut.


Tip lainnya adalah jangan pernah menggunakan judul dan isi e-mail yang menjebak. Seperti menawarkan sebuah hadiah, yang langsung membuat konsumen untuk mengklik tombol di dalam e-mail kamu. Berikanlah hal-hal yang bernilai bagi konsumen kamu, sehingga mereka menjadi percaya dan loyal.



Artikel ini merupakan bagian dari liputan Tech Asia Singapore 2016 yang berlangsung pada tanggal 12 dan 13 April. Ikuti seluruh liputannya di sini.


Belum bisa menghadiri Tech in Asia Singapore 2016? Di tanggal 16 dan 17 November mendatang akan digelar konferensi Tech in Asia Jakarta 2016. Buat kamu yang tertarik untuk datang ke konferensi Tech in Asia dan berdomisili di Indonesia, tentunya sayang sekali kalau Tech in Asia Jakarta 2016 nanti kamu lewatkan.


Kabar baiknya, kamu bisa dapat promo 2-for-1 untuk tiket Tech in Asia Jakarta 2016! Caranya gampang, daftarkan diri kamu di tautan di bawah ini, lalu kamu akan masuk daftar utama yang akan kami berikan harga spesial.


button-tia-jkt-conf-2FOR1


(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)


The post Empat Tahap Memaksimalkan E-mail Marketing di Era Media Sosial appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

1 komentar: