Tak jarang internet juga menjadi andalan para wanita muda — termasuk saya — dalam menghadirkan berbagai masakan di rumah. Namun dari banyaknya rekomendasi tersebut, banyak resep yang sekadar mencatut tanpa adanya uji coba di dapur.
Permasalahan tersebut coba dipecahkan oleh Dermawan Makmur bersama adiknya Setiawan Makmur dengan ResepKoki. Melalui startup ini, Dermawan dan Setiawan bertujuan untuk menciptakan platform bagi juru masak menuangkan pengalamannya.
Merambah marketplace peralatan masak
ResepKoki sendiri mulai beroperasi pada Januari 2016. Fokus utama dari ResepKoki adalah untuk berbagi resep dan tip-tip dalam memasak yang dialami oleh juru masak dalam lingkaran pertemanan co-founder.
Di laman ResepKoki, tersedia tiga kategori utama, yakni Forum, ResepKoki Store, dan People’s Blog. Dermawan menyatakan bahwa pada awal peluncurannya, hanya terdapat posting tentang resep makanan dari berbagai kategori.
Kemudian dengan meningkatnya permintaan pengguna untuk mengetahui tempat membeli peralatan masak, akhirnya pada April 2016 fitur ResepKoki Store ditambahkan. Laman tersebut menjadi e-commerce penyedia peralatan masak dengan kategori mulai dari peralatan dapur, memanggang kue, hingga teko saji teh.
Cek rekomendasi aplikasi resep masakan untuk mudahkan kamu di sini!
Dengan tim berjumlah empat orang yang berlokasi di Jakarta, ResepKoki masih mengandalkan teknik bootstrap untuk mendukung operasional mereka. Dermawan hanya mengatakan bahwa saat ini mereka baru dalam tahap pendekatan kepada investor untuk pencarian dana.
Sayangnya Dermawan enggan menyebutkan besarnya dana yang digunakan untuk kebutuhan operasional ResepKoki. Ia hanya mau menyebutkan bahwa saat ini ResepKoki mendapat sekitar 300.000 pageview per bulannya.
Strategi menarik lebih banyak pengguna
Dalam memasarkan produknya, menurut Dermawan, ResepKoki gencar menggunakan media sosial sebagai ajang promosi yang mudah, cepat, dan murah. Terlebih, melalui akun media sosial Facebook yang dimiliki, tim dapat langsung menjaring pengguna untuk melihat berbagai resep yang ditawarkan.
Strategi lain yang digunakan adalah meluncurkan aplikasi untuk platform Android dan iOS. Aplikasi tersebut diluncurkan bersamaan dengan laman situs dari ResepKoki. Berdasarkan data dari AppAnnie, aplikasi yang diluncurkan sejak Januari 2016 di Android dan iOS ini sudah mendapat lebih dari 50.000 unduhan.
Dermawan lebih lanjut mengatakan bahwa ia optimis ResepKoki bisa menjadi tujuan pencarian resep yang utama bagi pengguna internet di tanah air. “Antusiasme pengguna media sosial saat berbagi resep terbilang cukup tinggi, fokus tahun ini adalah untuk penetrasi pasar agar awareness tentang ResepKoki lebih baik,” tambahnya.
Ke depannya ResepKoki memiliki target untuk terus memperbaiki konten — baik di laman maupun aplikasi — sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu, tim juga terus melengkapi khazanah resep masakan tradisional dari seluruh penjuru negeri.
Ranah masakan memang masih dihuni sedikit startup di dalam negeri. Di kategori masakan, layanan katering tampaknya lebih memberi keuntungan ketimbang e-commerce peralatan masak dan komunitas berbagi resep di dalamnya.
Meski kurang seksi, ranah berbagi masakan juga memiliki beberapa nama selain ResepKoki. Mereka adalah CookPad dan MasakApa. Apakah ResepKoki mampu bertahan di ranah yang tergolong masih cukup niche ini? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.
(Diedit oleh Mohammad Fahmi)
The post ResepKoki Hadirkan Ragam Resep Masakan Teruji dan Marketplace Peralatan Memasak appeared first on Tech in Asia Indonesia.
sumber:
0 komentar:
Posting Komentar