Dapat Suntikan Dana Segar, Migme Akuisisi Hipwee dan Shopdeca
Sejak terdaftar di Australian Securities Exchange pada 2014 silam, platform social entertainment Migme tebilang sering mengakuisisi perusahaan lain. Baru-baru ini, mereka mengakuisisi LoveByte, aplikasi chatting buat pasangan, dan berinvestasi pada developer game MatchMe.
Mereka juga membeli AlivenotDead, komunitas online yang menghubungkan selebriti dengan penggemarnya, serta platform e-commerce Sold.
Jumat (18/12), mereka mengumumkan dua akuisisi terbaru. Kali ini adalah social news site Hipwee dan toko fashion online Shopdeca.
Hipwee merupakan situs yang menampilkan konten-konten orisinal buatan komunitasnya. Kontennya sendiri berfokus pada hiburan, hubungan, dan travel. Situs ini menyasar pengguna dari kalangan urban Indonesia. Sedangkan Shopdeca memiliki dua situs e-commerce (Shopdeca.com dan Sportdeca.com), masing-masing menawarkan produk gaya hidup yang telah dikurasi.
Menurut Migme, investasi baru ini akan semakin memantapkan langkah mereka di Indonesia, yang merupakan salah satu “target pasar utama.”
Kepada Tech in Asia, Steven Goh, CEO Migme, mengatakan bahwa total kesepakatan ini bernilai A$3 juta (sekitar Rp29,7 miliar) yang terbagi dalam uang tunai dan saham.
Saat ini Migme belum memiliki rencana untuk mengakuisisi perusahaan lain, namun kemungkinan mereka akan kembali melakukannya tahun depan.
“Kami berhasil memperoleh pemasukan jauh lebih banyak dari yang diprediksi,” ujar Steven. “Sepertinya kami akan mengakuisisi beberapa perusahaan lagi pada tahun 2016.”
Selain Indonesia, perusahaan ini sedang melirik kesempatan di pasar lain yang juga menjadi prioritas mereka, yaitu India dan Filipina.
(Diterjemahkan oleh Fadly Yanuar Iriansyah dan diedit oleh Pradipta Nugrahanto)
sumber: