Blogger templates

Sabtu, 21 Mei 2016

Rangkuman Berita Teknologi Minggu Ini – 21 Mei 2016

Minggu ini, telah kami rangkum beberapa berita teknologi paling menarik. Mulai dari Google yang merilis pesaing Slack, fitur panggilan video WhatsApp, versi baru iTunes yang lebih segar, mobil kendali otomatis Uber, dan masih banyak lagi.


Tanpa membuang-buang waktu, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.



Google rilis Spaces untuk bersaing dengan Slack


Tampilan Spaces | Image


Saat perhatian publik tertuju pada konferensi developer tahunan Google I/O 2016, perusahaan yang dipimpin oleh Sundar Pichai ini merilis Google Spaces untuk bersaing dengan Slack. Aplikasi kolaborasi berbasis pesan teks ini memiliki integrasi dengan layanan Google lainnya, seperti Chrome dan YouTube, sehingga pengguna dapat berbagi artikel dan video tanpa perlu keluar dari aplikasi Spaces.


Sumber: TechRepublic



WhatsApp dikabarkan uji coba fitur panggilan video


Tampilan fitur video call WhatsApp | Image


Rumor mengenai fitur video call pada WhatsApp sudah beredar sejak lama. Tampaknya, fitur ini akan segera tiba, setelah beredar tangkapan layar dari para tester beta yang sempat menguji coba fitur tersebut. Menurut FoneArena, saat tap ikon telepon, pengguna akan diberi pilihan untuk melakukan panggilan suara atau video.


Sumber: The Next Web



Versi baru iTunes hadir dengan tampilan yang lebih segar


Tampilan baru iTunes | Image


Selain merilis pembaruan OS X, Apple juga memperbarui iTunes versi desktop, yang kini hadir dengan tampilan baru. Tata letaknya semakin senada dengan iOS. Tombol-tombol terlihat lebih jelas, dan beberapa bagian—seperti profilmu—dipindahkan ke bagian bawah. Untuk bisa mencoba iTunes terbaru pada Mac milikmu, kamu perlu mengunjungi Mac App Store dan memilih opsi update.


Sumber: The Next Web



Apple siapkan fitur unlock Mac dengan iPhone


Touch ID pada iPhone | Image


Masih dari ranah Apple, perusahaan asal Cupertino ini sedang menggarap fitur yang memungkinkan kamu membuka kunci Mac dengan iPhone. Fitur ini akan memanfaatkan pemindai sidik jari pada iPhone, yaitu Touch ID dan koneksi Bluetooth LE. Kabarnya, fitur baru ini akan dikenalkan saat perhelatan WWDC bulan Juni mendatang.


Sumber: The Verge



Uber uji mulai coba mobil kendali otomatis


Mobil kendali otomatis Uber | Image


Uber berencana mengetes mobil yang dapat beroperasi tanpa sentuhan tangan manusia. Pengetesan akan dilakukan di Pennsylvania, AS, menggunakan mobil Ford Fusion Hybrid. Selain menguji kemampuan kendali otomatisnya, mobil tersebut juga akan mengumpulkan data mengenai informasi pemetaan jalan di kota tersebut. Proyek ini sendiri sudah berjalan sejak dua tahun lalu, namun belum ada rencana kapan Uber akan menggantikan pengemudi manusia mereka dengan teknologi ini.


Sumber: Mashable



Samsung gandeng Alibaba untuk penetrasi mobile payment di Cina


Ilustrasi cara kerja Samsung Pay | Image


Samsung, salah satu produsen smartphone terbesar dunia, mengumumkan kerja sama dengan Alipay, sistem pembayaran mobile milik Alibaba yang merupakan perusahaan e-commerce terbesar di Cina. Tujuan kerja sama ini adalah untuk memperluas pasar Samsung Pay milik Samsung di Cina, yang sebelumnya telah masuk ke negara tersebut sejak Maret 2016 via Bank UnionPay.


Sementara itu Apple Pay, rival pembayaran mobile dari Apple, juga sudah melakukan debut di Cina satu bulan sebelumnya. Apakah ini artinya Samsung akan lebih mudah melakukan penetrasi teknologi pembayarannya di negara-negara incaran Alibaba seperti Indonesia?


Sumber: CNET



Chromebook kalahkan penjualan Mac di awal 2016


Notebook Chromebook | Ilustrasi


Menurut firma riset IDC, Google Chromebook yang terjual pada kuartal pertama 2016 lebih banyak dari semua lini Mac dari Apple. Ini merupakan pertama kalinya komputer dengan sistem operasi Chrome OS terjual lebih banyak dari OS X di AS.


Pada periode itu, Mac hanya terjual sebanyak 1,76 unit, sementara Chromebook terjual lebih dari 2 juta unit. Ketika bulan Juni nanti Chromebook mulai bisa menjalankan game Android, kemungkinan besar popularitas laptop berbasis teknologi cloud ini akan semakin meroket.


Sumber: engadget



Harga iPhone di Indonesia 156 persen lebih mahal dari negara asalnya


Berdasarkan data tahunan dari Deutsche Bank mengenai perbandingan harga smartphone di seluruh dunia, diketahui kalau harga di Indonesia lebih mahal 156 persen dari harga aslinya di AS. Namun, “pencapaian” ini dikalahkan oleh Brasil yang menjual iPhone dengan harga 1,5 kali lebih mahal. Indonesia berada di posisi kedua diikuti Swedia (lebih mahal 133 persen), India (131 persen), dan seterusnya—seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.


Daftar harga negara penjual iPhone termahal | Image


Sumber: 9to5Mac


(Diedit oleh Mohammad Fahmi)


The post Rangkuman Berita Teknologi Minggu Ini – 21 Mei 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar