Blogger templates

Senin, 14 Maret 2016

[Fightertalk] Okizeme dan Perubahan Pola Pikir dalam Game Fighting

Jumpa lagi dengan saya dalam Fightertalk, rubrik Tech in Asia yang khusus membahas tentang berbagai hal seputar game fighting. Kalau sebelumnya kita membahas tentang konsep frame advantage, kali ini kita akan berkenalan dengan sebuah istilah yang sangat penting dalam game fighting, yaitu okizeme.


Ada satu “kesalahan” yang sering dilakukan oleh orang yang baru belajar main game fighting. Biasanya setelah berhasil menjatuhkan musuh, mereka akan diam tak melakukan apa-apa dan baru menyerang lagi ketika musuh sudah selesai bangun. Hal ini memang tidak haram, tapi amat tidak efektif. Kebiasaan ini sebaiknya kita ubah dengan mempelajari okizeme.


Guilty Gear Xrd | Screenshot 1


Apa Itu Okizeme?


Okizeme berasal dari gabungan dua kata bahasa Jepang, yaitu okiru (bangun) dan semeru (menyerang). Dari dua kata ini, secara sederhana okizeme bisa diartikan sebagai “menyerang musuh yang sedang bangun”. Jangan biarkan musuhmu bangun dengan bebas! Justru ketika musuh jatuh, di situlah pertarungan sebenarnya dimulai.


Ada banyak taktik yang bisa dilakukan dalam okizeme dan sebagian akan kita bahas di bawah. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kita pahami terlebih dahulu. Taktik okizeme dimulai ketika musuh terjatuh, jadi langkah pertama adalah mengetahui jenis-jenis jatuh yang mungkin terjadi.


BlazBlue: Continuum Shift Extend | Screenshot 1


Techable Knockdown Versus Hard Knockdown


Game fighting umumnya memiliki dua jenis jatuh (knockdown), yaitu techable knockdown dan hard knockdown. Techable knockdown adalah jenis jatuh di mana musuh bisa langsung bangun dengan cepat setelah terjatuh. Sebaliknya, hard knockdown (atau untechable knockdown) adalah kondisi jatuh yang membuat musuhmu hanya bisa pasrah tergeletak di tanah.


Tergantung dari game apa yang kamu mainkan, frekuensi dua jenis knockdown ini mungkin berbeda-beda. Contohnya bila kamu main Guilty Gear Xrd, hampir semua knockdown adalah hard knockdown. Sementara dalam Street Fighter V, sebagian besar knockdown justru adalah techable knockdown.


BlazBlue: Chrono Phantasma Extend | Screenshot 1

Berlawanan dengan Guilty Gear, melakukan hard knockdown adalah hal yang cukup sulit di BlazBlue.



Sebagai pihak yang menyerang, tentunya hard knockdown adalah hal yang jauh lebih menguntungkan. Pelajarilah karakter favoritmu baik-baik, dan hapalkan serangan apa saja yang bisa membuat musuhmu jatuh hard knockdown.


Serangan Meaty


Kalau musuh sudah berhasil kamu jatuhkan, langkah berikutnya adalah menginisiasi serangan. Ingat-ingatlah timing yang diperlukan musuh untuk bangun, kemudian sesuaikan timing serangan sehingga seranganmu mengenai musuh tepat saat dia bangun. Serangan dengan timing seperti ini disebut sebagai serangan “gendut” atau meaty.


Guilty Gear Xrd | Screenshot 2

Millia Rage terkenal sebagai salah satu karakter Guilty Gear dengan keahlian okizeme paling menyeramkan.



Istilah meaty muncul karena serangan yang digunakan umumnya punya animasi yang agak lambat, sehingga ada jeda waktu cukup lama untuk mengenai musuh. Dengan menggunakan serangan meaty, musuhmu tidak akan sempat melakukan apa-apa ketika bangun, kecuali bertahan atau melakukan serangan reversal yang beresiko tinggi.


Serangan Reversal


Satu hal yang sangat penting untuk diingat adalah memperhatikan siapa musuhmu. Dalam game fighting, terutama game fighting 2D, ada karakter-karakter yang punya kemampuan untuk melakukan serangan balik cepat alias reversal. Contoh paling umum misalnya Shoryuken, atau gerakan uppercut lainnya.


Guilty Gear Xrd | Screenshot 3

Ride The Lightning, serangan reversal super yang cepat tapi tidak instan.



Selain sangat cepat, reversal biasanya juga punya invincibility frame (disebut juga invulnerability frame) yang membuatnya kebal terhadap serangan musuh. Bila lawanmu melakukan reversal tepat saat dia bangun, serangan meaty yang kamu lakukan akan meleset. Kenalilah kebiasaan musuhmu dengan baik. Bila dia ahli reversal, mungkin kamu harus lebih berhati-hati dalam melakukan serangan meaty.


Tidak semua karakter punya uppercut, tapi ada satu jenis reversal yang bisa dilakukan semua orang. Reversal universal ini berupa serangan super spesial seperti Super Combo (Street Fighter), Overdrive (Guilty Gear), atau Distortion Drive (BlazBlue). Serangan super spesial punya startup frame yang sangat cepat, bahkan mungkin instan. Awasi super gauge musuhmu supaya kamu tidak terkena reversal super spesial!



Guilty Gear Xrd | Screenshot 4


Kita sudah membahas tiga hal penting yang perlu diperhatikan dalam okizeme yaitu tipe-tipe knockdown, serangan meaty, dan reversal. Kini waktunya mempelajari taktik okizeme yang sesungguhnya. Berikut ini adalah beberapa jenis okizeme dasar yang wajib dikuasai.


Okizeme Dasar: Proyektil


Proyektil adalah dasar dari segala dasar, sekaligus taktik okizeme yang paling gampang. Gunakan proyektil yang lambat seperti Hadouken light punch saat musuh terjatuh sehingga dia kehilangan kesempatan untuk melakukan serangan balik. Gunflame milik Sol Badguy juga sangat bagus untuk digunakan sebagai alat belajar okizeme.


Street Fighter V | Screenshot 1


Serangan proyektil memang mudah ditangkis lawan, tapi sangat aman untuk dilakukan. Kamu juga bisa menggunakannya berbarengan dengan serangan lain, sehingga musuhmu akan lebih sulit bertahan. Proyektil lambat bahkan bisa dimanfaatkan untuk membuat lawanmu terkena serangan dari sisi kiri dan kanan sekaligus. Ini adalah taktik lanjutan yang disebut Cross-Up.


Okizeme Dasar: Overhead


Taktik kedua yang perlu kita kuasai adalah serangan overhead. Game fighting punya konsensus umum, yaitu serangan overhead tidak bisa ditangkis sambil menunduk. Kalau musuhmu hobi bertahan sambil menunduk seperti kura-kura, overhead adalah alat yang bagus untuk membuatnya kapok. Jangan lupa menyesuaikan timing agar seranganmu menjadi meaty.


Guilty Gear Xrd | Screenshot 5

Riot Stomp, salah satu serangan overhead milik Sol Badguy.



Serangan overhead umumnya juga bisa dilanjutkan ke combo, jadi kalau kamu ingin mulai belajar combo, saya sarankan mulai dari overhead dulu. Overhead ada yang bisa dilakukan sambil berdiri maupun sambil melompat. Biasanya overhead berdiri lebih sulit dilanjutkan ke combo, kecuali mungkin serangan Dust di Guilty Gear.


Khusus untuk Guilty Gear Xrd, overhead juga bisa digunakan untuk menipu lawan. Kamu bisa berpura-pura melakukan serangan overhead, membatalkannya dengan Yellow Roman Cancel, kemudian menggantinya dengan serangan bawah. Taktik seperti ini akan membuat lawanmu kebingungan!


Street Fighter V | Screenshot 2

Overhead sekaligus Cross-Up. Perhatikan bahwa tendangan Ryu mengenai Nash dari sisi belakang.



Okizeme Dasar: Bantingan


Ini mungkin taktik okizeme paling menyebalkan, karena bantingan tidak bisa ditangkis. Dalam game seperti BlazBlue atau Guilty Gear bantingan bahkan bisa menjadi awalan combo, jadi lawanmu akan menyesal kalau dia bermain terlalu defensif.


Ada satu hal yang unik dari bantingan. Selain sebagai alat menyerang, bantingan juga bisa digunakan sebagai alat bertahan. Tergantung game yang kamu mainkan, bantingan bahkan bisa menjadi alat anti okizeme. Taktik lebih detail soal bantingan dan anti okizeme akan cukup panjang kalau ditulis, jadi kita bahas lain waktu saja.


Guilty Gear Xrd | Screenshot 6


Okizeme Dasar: Bertahan dan Reversal Bait


“Pertahanan adalah penyerangan terbaik.” Ini prinsip yang saya yakini dalam game fighting, dan berlaku juga untuk melakukan okizeme. Daripada langsung menyerang, kita bisa melakukan gerakan tipuan untuk memancing lawan melakukan gerakan reversal. Reversal adalah pedang bermata dua. Sangat bagus kalau berhasil, tapi sangat berbahaya kalau gagal.


Ada berbagai jenis gerakan tipuan yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah safe jump, yaitu melompat dengan timing agak terlambat sehingga kita sampai di tanah tepat saat musuh bangun. Musuh yang melihat kita melompat bisa jadi akan terpancing melakukan uppercut, padahal saat uppercut tersebut keluar ternyata kita sudah sampai di tanah dan bisa menangkis dengan sempurna.


Street Fighter V | Screenshot 3

Cahaya kuning menyilaukan, sebuah pertanda buruk.



Street Fighter V bahkan memiliki fitur khusus yang sangat mendukung taktik ini. Bila musuhmu melakukan reversal dan gagal, kamu bisa menghukumnya dengan serangan Crush Counter. Crush Counter akan membuat musuhmu pusing sesaat sehingga bisa dihajar dengan berbagai combo panjang dan menyakitkan.


Kita juga bisa menggunakan reversal untuk melawan sesama reversal. Misalnya melancarkan Shoryuken untuk melawan EX Spinning Bird Kick milik Chun Li, atau menggunakan Super Combo untuk melawan Shoryuken. Ini adalah pilihan yang cukup beresiko, tapi sewaktu-waktu mungkin berguna.



Guilty Gear Xrd | Screenshot 7


Itulah beberapa taktik dasar yang bisa kita lakukan untuk melakukan okizeme. Ada berbagai taktik lain yang lebih advanced di luar sana, tapi setidaknya empat jenis taktik ini harus bisa kita kuasai. Ubah kebiasaan menunggu musuh bangun, dan ganti dengan okizeme! Niscaya permainanmu akan menjadi lebih buas dan menakutkan lawan.


Tentu saja pertarungan bukanlah tentang menyerang saja. Kita juga perlu tahu bagaimana cara bertahan. Di kesempatan berikutnya saya akan membahas tentang cara menghadapi serangan okizeme, jadi rajin-rajinlah mampir ke situs Tech in Asia kalau kamu tertarik. Sampai di sini dulu Fightertalk kita kali ini, dan jangan lupa untuk terus berlatih!


The post [Fightertalk] Okizeme dan Perubahan Pola Pikir dalam Game Fighting appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar