Blogger templates

Senin, 30 November 2015

[REVIEW] Couple: Aplikasi yang Bakal Bikin Kamu dan Pasangan Makin Intim!







[REVIEW] Couple: Aplikasi yang Bakal Bikin Kamu dan Pasangan Makin Intim!





couple



Kamu yang punya pasangan pastinya sering bertukar foto, video, dan tentunya mengobrol bareng lewat aplikasi chatting. Masalahnya, kemampuan aplikasi chatting seperti WhatsApp atau BBM cukup terbatas. Dari segi privasi, aplikasi-aplikasi tersebut biasanya tidak menyediakan keamanan tambahan seperti kata sandi.


Ini membuat orang iseng yang punya akses ke smartphone kita bisa melihat pesan-pesan mesra kita kepada pasangan. Malas, kan? Nah, bila kamu menginginkan aplikasi yang lebih aman untuk data dan komunikasi antara kamu dan pasanganmu, Couple adalah solusi yang bisa kamu coba.


Media sosial pribadi


depan

Halaman depan (kiri) dan halaman login (kanan) Couple.



Sesuai namanya, semua fitur di dalam Couple hanya terhubung dengan dua orang—kamu dan pasanganmu. Setelah mengunduh aplikasinya, kamu dapat membuat akun menggunakan alamat e-mail-mu. Kemudian kamu bisa memasukkan e-mail pasanganmu dan mengundangnya untuk bergabung dengan Couple.


Setelah undanganmu diterima, secara otomatis Couple akan melakukan pairing antara akun kamu kamu dengan pasanganmu. Baru setelah itu kamu dan pasangan bisa menikmati semua fiturnya. Secara keseluruhan, proses pendaftarannya saya rasakan cukup mudah dan simpel.


Saya juga menyukai tampilan Couple, baik versi iOS maupun Android. Semuanya terlihat indah dan serasi dengan warna dominan putih dan biru muda. Kita bisa menghias bagian menu dan kata sandi dengan foto pasangan kita, sehingga kita tak akan bosan melihatnya.


Meski sederhana, Couple menawarkan berbagai macam fitur yang menarik. Saya merasa Couple adalah gabungan dari berbagai macam aplikasi, seperti WhatsApp, Feel Me, Snapchat, dan lainnya, yang membuat Couple berfungsi lebih dari sekadar media sosial pribadi.


Tempat khusus untuk mengobrol dengan pasangan


Chatting dengan sticker (kiri) dan halaman Moments untuk menyimpan gambar (kanan).

Chatting dengan sticker (kiri) dan halaman Moments untuk menyimpan gambar (kanan).



Dari sekian banyak fitur Couple, yang paling menonjol tentu adalah kemampuan instant messenger-nya. Layaknya aplikasi chatting, Couple juga memberikan fitur Emoji dan stiker yang sebagian dapat kamu gunakan gratis. Selain itu, kamu juga bisa membeli stiker tambahan yang dapat digunakan berdua dengan harga rata-rata $2 (sekitar Rp25.000).


Lewat fitur ini, kamu juga bisa mengirimkan foto dan video. Nantinya, semua foto dan video yang kamu kirim akan terkumpul dalam satu halaman khusus bernama Moments. Sayangnya, Moments hanya menampilkan foto-foto dan video tanpa adanya fitur tambahan yang saya rasa dibutuhkan, seperti album atau penyortiran foto berdasarkan tanggal unggahnya.


Selain lewat aplikasi smartphone, kita juga bisa melakukan chatting di PC dengan menggunakan browser. Ini tentunya memudahkan bagi yang ingin menghubungi pasangan namun tidak bisa membuka smartphone, misalnya di kala bekerja atau meeting.


Sensasi interaksi digital


Fitur interaktif Thumbkiss (kiri) dan Sketch (kanan).

Fitur interaktif Thumbkiss (kiri) dan Sketch (kanan).



Couple menyediakan fitur lain yang dapat kita gunakan untuk berinteraksi secara digital dengan pasangan. Salah satunya adalah Thumbkiss. Dengan Thumbkiss, kita dan pasangan dapat menempelkan jempol di layar smartphone. Saat jempol berada di posisi yang sama, smartphone kita akan bergetar.


Selain Thumbkiss, ada pula Sketch. Dengan Sketch, kita bisa membuat gambar sederhana bersama-sama dengan pasangan kita. Gambar yang dibuat nantinya akan masuk ke Moments dan bisa dibagikan ke media sosial lain.


Baca juga: Kumpulan Aplikasi Chatting untuk Mendapatkan Teman Baru dengan Mudah


Meski awalnya terasa menarik, lama-kelamaan Thumbkiss dan Sketch terasa membosankan, sehingga saya tak lagi menggunakannya. Dua fitur tersebut saya rasakan hanya berfungsi sebagai gimmick bagi pengguna baru.


Fitur LIst (kiri) dan Beacon untuk menginformasikan keberadaan kita kepada pasangan (kanan).

Fitur List (kiri) dan Beacon untuk menginformasikan keberadaan kita kepada pasangan (kanan).



Namun ada satu fitur interaktif yang menurut saya cukup bermanfaat, yaitu Beacon. Dengan Beacon, kita bisa memberitahukan posisi kita kepada pasangan, begitu pula sebaliknya.


Kalau kamu tidak mau pasanganmu tahu di mana keberadaanmu (misalnya saat hendak memberi kejutan), jangan khawatir, kamu bisa menolak permintaan untuk mengirimkan lokasi kepada pasanganmu. Dengan demikian keberadaanmu tidak diketahui.


Keamanan tambahan untuk setiap pesan


Selain fitur-fitur interaktif, Couple juga menawarkan tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibanding aplikasi sejenis. Ini yang menjadi alasan utama saya tetap setia menggunakanya.


Kemanan pertama didapatkan dari kata sandi berupa empat buah angka. Permintaan kata sandi ini aktif setelah beberapa saat kita tidak menggunakan aplikasi. Durasinya bisa kita atur sendiri, mulai dari satu menit, lima menit, lima belas menit, satu jam, empat jam, atau segera setelah kita menutup aplikasinya..


Baca juga: Spotted, Aplikasi Kencan Asal Jerman Coba Bantu Anak Muda di Indonesia Mendapatkan “Kesempatan Kedua”


Fitur kemananan kedua adalah Secret. Kita bisa mengirimkan foto kepada pasangan yang otomatis dihapus setelah beberapa waktu. Durasi foto terhapus bisa kita tentukan sendiri. Ini berguna saat kita mengirimkan foto memalukan kepada pasangan kita.


Sayangnya, seperti juga Snapchat, terdapat lubang besar dalam fitur ini: pasangan dapat mengambil screenshot saat foto tersebut ditampilkan. Jadi baiknya tetap berhati-hati, jangan pernah mengirimkan foto yang sifatnya terlalu pribadi!


Fitur berbeda di setiap platform


Tampilan Couple saat diakses menggunakan web browser.

Tampilan Couple saat diakses menggunakan web browser.



Pada versi Android, ada satu fitur keamanan tambahan. Kita tidak bisa mengambil screenshot di semua halaman, kecuali foto Secret. Saya merasakan ini sebagai sebuah keanehan: kita tidak bisa mengambil screenshot di bagian yang aman (seperti chatting dan album foto), tapi malah bisa mengambilnya di bagian yang riskan, yaitu pada fitur Secret.


Sementara itu, pada versi iOS, screenshot bisa diambil di semua bagian dan halaman. Saya tidak tahu mengapa ada perbedaan ini, tapi saya harap mereka mengadopsi fitur keamanan tersebut untuk iOS.


Di versi webnya, ada satu fitur tambahan untuk meningkatkan brightness atau kecerahan aplikasi kita. Tujuannya agar pesan kita tidak dapat dengan mudah dibaca dari jarak jauh. Saya cukup menyukai fitur ini, terutama saat membuka laptop dan membaca pesan pasangan di tempat umum.



Meski masih memiliki beberapa kekurangan, secara umum, bagi saya Couple merupakan aplikasi terbaik untuk berbincang dengan pasangan khususnya dari segi desain dan fitur keamanan yang diberikan. Bagaimana menurut kamu?




App Info










Couple – Relationship App

TenthBit Inc. –  Mar 04, 2015

Genre:  Social

Size:   8.4M

Installs:   1,000,000 – 5,000,000

Gratis





Download






Plus


  • Dapat diakses di berbagai platform

  • Fitur lengkap

  • Keamanan lebih terjamin

  • Desain menarik dan mudah digunakan

Minus


  • Fitur Secret masih memiliki lubang keamanan

  • Terdapat perbedaan fitur di setiap platform

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah dan Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar Pixabay)
















Replies







sumber:

0 komentar:

Posting Komentar