Blogger templates

Minggu, 29 Mei 2016

[Artistalk] Profesi Lepas dari Komunitas – Wawancara dengan Ilustrator Yossy Firstia

Setelah beberapa bulan rehat dan tidak kebagian konten baru, minggu ini saya kembali dengan edisi terbaru dari Artistalk. Apakah minggu depan saya akan kembali dengan segmen ini lagi? Hanya waktu yang bisa menjawabnya, tapi daripada membuang waktu, mari kita nikmati saja momen yang ada sekarang untuk mengikuti Artistalk minggu ini.


Di kesempatan kali ini, saya mewawancarai seorang wanita kalem di dunia pengembangan game lokal bernama Yossy Firstia. Sebagai seorang ilustrator, Yossy memiliki pengalaman bekerja sama dengan segudang studio keren di Indonesia yang sedang berkembang. Mau tahu bagaimana kisahnya? Langsung cek saja di bawah.



Yossy Firstia | Art (1)


Halo Yossy, bisa cerita sedikit tentang siapa kamu ke para pembaca?


Halo, saya Yossy Firstia. Meski nama Yossy umumnya dimiliki oleh laki-laki, tapi saya tegaskan saya adalah seorang perempuan. Saya berprofesi sebagai artis 2D lepas yang mengkhususkan diri ke bidang pengembangan game. Pekerjaan saya adalah membuat aset game seperti desain dan ilustrasi karakter, desain antarmuka, lingkungan, dan animasi.


Hobi saya menggambar di media digital, tapi terkadang juga mencoba untuk melukis menggunakan media tradisional seperti cat air. Selain itu saya juga hobi main game, di console maupun handheld. Hobi saya lainnya adalah baca komik, buku cerita anak-anak, dan mengumpulkan referensi di Pinterest.


Yossy Firstia | Art (2)


Bisa cerita bagaimana kamu bisa menjadi seorang ilustrator profesional? Apakah memang sudah hobi dari kecil?


Iya, sudah hobi menggambar dan main game dari kecil. Sedangkan untuk kenapa bisa menjadikan hobi sebagai pekerjaan itu berawal dari masuknya saya ke sebuah komunitas RPG Maker Indonesia. Di sana saya bertemu banyak teman yang punya minat sama, yaitu mengembangkan game. Kemudian dari situ mengenal lagi komunitas lain seperti Gamedevid.org – Indonesian Game Developer Community.


Karena tahu ada komunitasnya, saya jadi lebih sering menggambar dan memamerkan karya di Facebook dan di forum RPG Maker. Sampai akhirnya kemampuan menggambar saya (mungkin) saat itu sudah masuk kualitas standar, direkrutlah untuk menjadi artis sebuah game.


Yossy Firstia | Art (3)


Bagaimana kamu bisa terjun ke industri game?


Karena saya suka menggambar dan main game, menjadi artis di industri game adalah pekerjaan yang ideal. Bisa terjun ke industri game berkat beberapa orang yang menyadari dan percaya dengan potensi saya.


Yossy Firstia | Art (4)


Boleh tahu game apa saja yang pernah kamu kerjakan dan apa yang paling berkesan sejauh ini?


Renegade Death, Wapek Adventure, Anumask, Kitaria Fantasy, Fairy Melody, dan Cute Munchies.


Yang paling berkesan adalah Renegade Death, karena saat itulah saya pertama kali menjadi anggota sebuah tim developer game. Meskipun game ini sekarang sedang terhenti proses pengerjaannya, saya belajar banyak dari sini.


Kemudian satu lagi yang berkesan adalah Cute Munchies, game puzzle ini berkesan bagi saya karena dengan hanya beranggotakan dua orang, saya dan programmer, game ini bisa selesai dalam waktu sekitar satu bulan saja.


Yossy Firstia | Art (5)


Bagaimana pandangan kamu tentang industri video game di Indonesia sekarang? Dan apa harapan kamu ke depannya?


Menurut saya industri game di Indonesia berkembang cukup pesat akhir-akhir ini. Ditandai dengan bermunculannya banyak developer baru ke permukaan, juga banyak event game seperti game expo dan game jam yang diadakan untuk umum. Acara-acara tersebut bagus sekali untuk para developer maupun orang awam bisa lebih mengenal industri video game.


Harapan saya ke depannya, semoga orang Indonesia semakin kreatif dan inovatif lagi dalam industri ini. Lalu, jangan berhenti belajar hal baru, karena perkembangan teknologi begitu cepat, jangan sampai tertinggal!


Yossy Firstia | Art (6)


Yossy Firstia | Art (7)


Selain video game, biasanya kamu mengerjakan ilustrasi untuk media apa lagi?


Untuk saat ini masih fokus ilustrasi untuk game saja. 😀


Biasanya apa yang menjadi inspirasi kamu dalam mengerjakan karya-karyamu?


Biasanya yang menjadi inspirasi saya adalah game dan film. Lingkungan dan desain karakter yang indah di sebuah game membuat saya ingin menciptakan yang seperti itu juga dengan imajinasi saya sendiri. Saya suka sekali ilustrasi di game Legend of Mana, Bravely Default, Bravely Second, Odin Sphere, dan Child of Light. Saya juga suka film-film Studio Ghibli dengan ilustrasi latarnya yang selalu memukau.


Yossy Firstia | Art (8)


Punya ilustrator favorit?


Akihiko Yoshida (Bravely Default, Bravely Second, beberapa game Final Fantasy), Shinichi Kameoka dan Kouji Tsuda (Legend of Mana dan seri Mana lainnya), George Kamitani (Vanillaware), Vresu (Mintsphere), dan masih banyak lagi.




Yossy Firstia | Art (1)




Yossy Firstia | Art (2)




Demikianlah wawancara singkat saya dengan Yossy Firstia. Jika kamu berminat untuk mengecek karya-karya Yossy lainnya, langsung saja cek tautan-tautan di akhir artikel ini. Sedangkan untuk seri Artistalk berikutnya? Lagi-lagi hanya waktu yang bisa menjawabnya.


Facebook: Art of Firstia


Deviant Art: FirstiArt


Tumblr: Art of Firstia


[Artistalk] adalah artikel mingguan di Tech in Asia yang membahas mengenai para artis 2D ataupun artis 3D dari Indonesia yang bekerja di bidang video game. Jika kamu punya kritik atau saran untuk artikel ini, silahkan hubungi fahmi@techinasia.com atau melalui @fahmitsu.


P.S. Jika kamu tertarik untuk mengetahui tentang behind the scene pengembangan game lokal selain dari sudut pandang artis, cek juga seri artikel Devtalk dan Designertalk di Tech in Asia ID.


(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)


The post [Artistalk] Profesi Lepas dari Komunitas – Wawancara dengan Ilustrator Yossy Firstia appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar