Blogger templates

Senin, 30 Mei 2016

Dota Weekly: 4 Tip Sukses Menjadi Seorang Offlaner

Offlane sering disebut sebagai hardlane bukanlah tanpa alasan. Kamu biasanya sendirian dan bahkan bisa sampai melawan tiga hero musuh sekaligus. Selain itu kamu juga akan kesulitan melakukan farm karena titik temu creep jauh mendekati tower musuh.


Masih banyak pemain Dota 2 yang mengira offlane sebagai “just another usual lane” layaknya safelane. Padahal kamu memerlukan perhatian khusus untuk bisa menjalani fase laning dengan baik, yaitu farm secara efektif dan yang paling penting: Tidak feeding (mati secara terus menerus karena dibunuh musuh).


Berikut ini adalah empat tip yang bisa membantumu bertahan hidup menjadi offlaner solo.


Pilihlah hero dengan tingkat survivability tinggi


4 Tip Sukses Offlaner Dota 2 | Artwork Doom


Hero yang mampu bertahan hidup dengan baik tidak harus terus menerus harus memiliki HP tinggi. Faktor lain yang perlu kamu perhitungkan ketika memilih hero offlane adalah escape mechanism (metode untuk kabur menggunakan ability), kemudahan melakukan farm meskipun situasi sulit, dan ketergantungan terhadap item.


Doom, Clockwerk, Bristleback, Faceless Void (berkat patch 6.87), dan Beastmaster adalah contoh hero offlane yang bisa kamu gunakan. Doom, misalnya, memiliki kemampuan Devour dan base damage yang besar untuk melakukan last hit. Selain itu, ia juga mampu untuk kabur dengan cepat sambil melakukan regenerasi HP—juga dengan cepat—berkat Scorched Earth.


Lakukan creep blocking


4 Tip Sukses Offlaner Dota 2 | Screenshot 1

Salah satu hal yang membuat para offlaner kesulitan untuk farm dengan aman adalah titik temu creep yang dekat dengan tower musuh. Jika kamu tetap nekat, posisimu akan rentan dengan bahaya gank dari arah hutan musuh. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat melakukan creep blocking guna mendekatkan titik temu creep ke arah tower kawan.


Bahkan, kamu juga dapat melakukan creep blocking sekaligus memaksa creep musuh untuk maju lebih jauh ke arah tower kawan. Ini dilakukan dengan membiarkan ranged creep untuk maju duluan dan mati sebelum melee creep sampai di titik temu.


Alasannya, ranged creep memiliki damage yang besar. Jika ranged creep milikmu mati terlebih dahulu, gelombang creep musuh akan memiliki daya lebih besar dan harus terpaksa untuk maju. Apabila tereksekusi dengan baik, maka kamu dapat mengubah offlane menjadi safelane.


Block creep netral musuh


4 Tip Sukses Offlaner Dota 2 | Screenshot 2


Meskipun kamu sudah melakukan creep blocking dengan baik, namun musuh masih dapat mengembalikan titik temu creep seperti seharusnya dengan metode creep pulling. Namun kamu dapat mencegah musuhmu kembali ke zona aman mereka dengan melakukan block kepada titik munculnya creep netral.


Berkat update Spring Cleaning, kini kamu dapat melakukan block lebih mudah. Kamu cukup meletakkan Observer Ward, Sentry Ward, atau sebuah unit di dalam kotak spawn creep netral.


Jika kamu berada di Radiant, block creep netral kecil di dekat tower tier satu Dire dan creep netral besar tepat di arah jam tujuhnya. Jika kamu offlaner Dire, block creep netral kecil di dekat tower tier satu Radiant dan creep netral besar tepat di arah jam satunya. Dengan begitu, musuh tidak bisa melakukan creep pulling dan kamu dapat farm dengan tenang.


Apapun yang terjadi, jangan feeding


4 Tip Sukses Offlaner Dota 2 | Screenshot 3


Berada di offlane artinya kamu akan berhadapan dengan carry musuh dan satu/ dua hero pendukungnya. Artinya jika kamu memenangkan lane ini, maka carry musuh akan kesulitan untuk berkembang. Namun yang terjadi sebaliknya jika kamu terus menerus mati. Secara otomatis carry musuh akan mendapatkan keuntungan Gold serta XP.


Oleh karena itu, apapun yang terjadi, sebisa mungkin jangan mati apalagi feeding. Tidak memperoleh Gold ekstra dari creep lebih baik daripada harus memberi keuntungan bagi carry musuh. Toh kamu juga akan tetap mendapatkan XP sambil menjaga jarak aman dengan posisi musuh.


Ingin menjadi seorang carry dalam Dota 2? Perhatikan 5 hal berikut ini!


Meskipun jarang terjadi di game public, namun meninggalkan offlane untuk melakukan farm di hutan adalah pilihan yang bijak. Hal ini biasanya terjadi jika lane yang kamu hadapi benar-benar agresif dan musuh tidak memberimu kesempatan untuk mendapatkan XP sekalipun.



Offlaner adalah peran yang paling berbahaya sekaligus seru dalam sebuah pertandingan Dota 2. Kamu harus bermain secara aman untuk tidak melakukan feed. Namun di sisi lain kamu juga harus mendapatkan XP serta Gold ekstra untuk membantu timmu ketika clash.


Apakah kamu seorang offlaner handal dan memiliki tip untuk dibagikan? Jangan sungkan untuk memberitahukannya pada kolom komentar, ya!


(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)


The post Dota Weekly: 4 Tip Sukses Menjadi Seorang Offlaner appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar