Blogger templates

Minggu, 17 April 2016

Review Heaven Knights – Game Potensial yang Penuh Lubang

Jika kita berbicara soal MMORPG di Indonesia kemungkinan Lyto menjadi salah satu penerbit yang muncul dalam pikiran. Namun tahukah kamu bahwa Lyto sudah memiliki anak perusahaan yang diberi nama Lyto Mobi?


Nah, kali ini Lyto Mobi sepertinya telah menemukan sebuah game yang cukup menarik untuk diterbitkan. Diberi judul Heaven Knights, game terbaru dari Lyto Mobi ini dideskripsikan sebagai game yang seru dan penuh aksi. Apakah deskripsi tersebut sesuai dengan kenyataannya? Mungkinkah Heaven Knights mampu membawa kesuksesan besar bagi Lyto Mobi?


Bertualang sebagai Kesatria


Heaven Knights | Screenshot 1


Dalam Heaven Knights kamu akan memimpin sebuah korps kesatria yang dibantai di permulaan cerita. Dengan sekumpulan kesatria yang tersisa kamu harus membangun ulang korpsmu dengan merekrut prajurit baru dan memperkuat kesatria di bawah pimpinanmu. Heaven Knights memiliki latar cerita yang cukup mendasar dan sepanjang petualangan kamu akan direpresentasikan oleh dua orang kesatria yang kamu dapatkan sejak awal.


Jika kamu adalah tipe gamer yang suka penasaran dengan cerita seperti saya, anggap saja game ini tidak memiliki cerita, karena Heaven Knights memiliki kualitas lokalisasi bahasa Inggris yang luar biasa berantakan. Setidaknya setengah dari pembicaraan yang ada di dalam game tidak bisa saya mengerti maksudnya dan hanya bisa saya tebak seadanya.


Heaven Knights | Screenshot 2


Dalam setiap ekspedisi, kamu akan menggunakan maksimal empat orang kesatria. Berhubung setiap kesatria dibagi ke tiga kategori berupa Tank, Support, dan Damage, komposisi tim kurang lebih akan selalu lama. Setiap kesatria yang kamu dapat memiliki berbagai tingkatan, dari tingkat C hingga SSS. Kamu akan cukup sibuk jika kamu ingin menggunakan kesatria tertentu dan berusaha meningkatkannya ke tingkat tertinggi.


Kontrol yang Agak Terbatas


Sepintas Heaven Knights terasa seperti bermain sebuah RPG ala Neverwinter Nights. Keempat kesatria dalam kelompokmu bisa kamu kendalikan secara bersama-sama atau individual. Semua kesatria akan langsung menyerang musuh secara otomatis saat mencapai jarak tertentu.


Heaven Knights | Screenshot 3


Setiap kesatria juga memiliki jurus yang berbeda-beda, dan masing-masing memiliki empat buah jurus yang akan bisa dikeluarkan saat kesatria yang bersangkutan mencapai level tertentu. Sayangnya desain antarmuka yang dihadirkan Heaven Knights terbilang kurang baik, dan kamu hanya bisa mengakses jurus pertama saat kamu mengendalikan semua kesatria sekaligus.


Hal ini membuat manajemen mikro tiap kesatria cukup sulit. Kamu harus memilih tiap kesatria secara individual untuk menggunakan tiga jurus lainnya yang mereka miliki. Awalnya saya cukup senang dengan keterbatasan ini karena saya merasa tertantang dan membuat Heaven Knights terasa seperti game strategi. Sayangnya kehadiran mode otomatis menghancurkan hal itu semua.


Yap, Heaven Knights memiliki fitur otomatis yang akan membuat segalanya jauh lebih mudah. Keempat kesatria akan langsung bergerak sendiri dan membantai semua monster yang bermunculan di peta hingga usai. Hebatnya lagi setiap kesatria akan menggunakan semua jurus yang mereka miliki, dan hal ini membuat manajemen mikro yang sulit tidak diperlukan sama sekali.


Heaven Knights | Screenshot 4


AI yang mengendalikan kesatriamu di mode otomatis terbilang cukup kompeten dan mampu mengaktifkan jurus-jurus yang tersedia di momen yang tepat. Sebagai contoh kesatria tipe Support hanya akan menggunakan jurus penyembuh saat ada kesatria lain yang terluka.


Moto Heaven Knights: Mengulang, Mengulang, dan Mengulang.


Heaven Knights memiliki banyak tembok virtual yang akan membuatmu frustrasi. Kamu diharuskan untuk mempersenjatai kesatria yang kamu gunakan dengan berbagai senjata dan baju tempur, meningkatkan level, “menempa” kesatria dan perlengkapannya dengan mengorbankan berbagai material, serta menaikkan pangkat mereka.


Jika kamu tidak melakukan semua itu, kemungkinan besar kamu akan mencapai satu level yang tidak bisa kamu selesaikan, tidak peduli sehebat apapun dirimu dalam bermain. “Tembok” tersebut hanya bisa kamu hancurkan setelah kamu memperkuat kesatriamu dengan cara-cara di atas yang sayangnya semuanya membutuhkan pengulangan level yang sudah kamu lewati.


Heaven Knights | Screenshot 5


Pengulangan ini terbilang cukup ekstrem bagi saya. Kebanyakan dari misi yang saya selesaikan hanya menghadiahkan satu buah perlengkapan saja, dan untuk menempa dibutuhkan perlengkapan dengan tingkat yang sama. Sebagai contoh senjata tipe pedang tingkat C bisa kamu perkuat dengan mengorbankan kategori yang sama persis.


Hal ini membuat proses menempa sangat mudah di awal karena perlengkapan yang kamu dapatkan cenderung memiliki tingkat C. Begitu kamu mulai menggunakan perlengkapan tingkat B dan selanjutnya kamu akan kesulitan untuk mencari perlengkapan untuk dikorbankan.


Masalah ini diperburuk lagi dengan biaya tempa yang cukup tinggi dan hadiah uang dari misi yang cenderung tidak seberapa, sehingga proses memperkuat perlengkapanmu menjadi sebuah ujian kesabaran.


Proses memperkuat kesatriamu terbilang lebih sulit lagi. Kesempatanmu untuk mendapatkan kesatria sangatlah jarang. Setelah bermain selama lebih dari 24 jam saya baru mampu mendapatkan total 10 kesatria, termasuk empat kesatria yang otomatis didapat sejak awal.


Heaven Knights | Screenshot 6


Jika kamu ingin bermain dengan serius saya sarankan untuk mencari teman sebanyak mungkin, karena “poin cinta” yang kamu dapatkan dari mengirimkan energi ke teman-temanmu bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kesatria secara acak.


Tidak hanya itu, biaya untuk “menempa” kesatria berkali-kali lipat lebih mahal lagi dari biaya menempa perlengkapan. Sebagai perbandingan, saya harus menyelesaikan empat buah misi hanya untuk mendapatkan uang untuk satu kali “menempa” kesatria.


Hal ini diperparah dengan batas misi yang bisa kamu lakukan dikarenakan adanya sistem energi serta adanya kemungkinan gagal tempa. Jika menempa perlengkapan adalah ujian kesabaran, menempa kesatria adalah ujian dari neraka tingkat terdalam.


Potensi yang Kurang Tercapai


Heaven Knights | Screenshot 7


Masalah yang baru saya sebutkan di atas dapat dituntaskan dengan mudah jika kamu bersedia untuk merogoh kocek dalam-dalam. Kamu bisa menggunakan kristal, mata uang yang kamu dapatkan dengan uang asli (atau dari beberapa misi, namun dengan jumlah yang sangat kecil) untuk mendapatkan kesatria baru.


Kesatria yang kamu dapatkan dengan metode ini juga dijamin setidaknya akan memiliki tingkat B dan jika kamu benar-benar beruntung, ada kemungkinan dia memiliki tingkat SSS. Semakin tinggi tingkat kesatria yang kamu korbankan untuk menempa, semakin tinggi pula kemungkinan keberhasilan menempa.


Heaven Knights juga memiliki sistem VIP yang akan memberikan berbagai hadiah gratis yang menggiurkan sesuai dengan banyaknya uang yang kamu keluarkan untuk membeli kristal. Pastikan saja kamu bisa mengendalikan diri dan membatasi pengeluaranmu sebelum membeli.


Heaven Knights | Screenshot 8


Kesimpulan


Heaven Knights terasa seperti sebuah kue yang terlihat indah namun terasa pahit. Pertama kali melihatnya saya jatuh cinta dan tidak sabar untuk melahapnya, namun dalam waktu singkat saya langsung menyadari rasanya yang tidak sedap dan akhirnya tidak mampu saya habiskan.


Heaven Knights memiliki potensi yang sangat besar, dan pertama kali kamu mencobanya saya yakin kamu akan tertarik. Pengulangan yang terlalu parah sayangnya membuat ketertarikan saya langsung menghilang dengan instan. Game ini bahkan tidak memiliki tutorial sama sekali, dan penjelasan saya di atas mungkin sepenuhnya tidak akurat dikarenakan hal tersebut.


Diperparah dengan deskripsi bahasa Inggris yang sangat berantakan, saya yakin setidaknya selama 12 jam kamu akan kebingungan dan dibuat frustrasi saat berusaha memperkuat karaktermu. Di luar masalah-masalah ini Heaven Knights tetaplah sebuah game yang cukup bagus dan seru jika kamu bisa sabar selama bermain. Cobalah Heaven Knights terlebih dahulu dan tentukan apakah game ini cocok untukmu.




App Info











Heaven Knights

LYTO MOBI –  Apr 04, 2016

Genre:  Action

Size:   148M

Installs:   100 – 500

Gratis



Download






The post Review Heaven KnightsGame Potensial yang Penuh Lubang appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar