Blogger templates

Minggu, 29 Mei 2016

Review Beat Racer – Balapan Mobil sambil Ditemani Musik EDM

Rhythm game merupakan salah satu jenis game yang sangat jarang dirilis. Meskipun begitu, tidak jarang terdapat penggemar game bergenre musik—termasuk saya. Beberapa game bernuansa ritme seperti Patapon, Elite Beat Agents, DJ Max, serta Bust A Groove adalah beberapa judul favorit saya.


Beat Racer merupakan game pertama yang dikembangkan dan dirilis oleh sebuah developer baru bernama Lila Soft. Perusahaan pengembang game yang juga adalah anak perusahaan dari D’strict Holdings ini telah melakukan beberapa proyek lainnya, seperti projection mapping, hologram, dan konten augmented reality. D’Strict Holdings sendiri pernah melakukan pemasangan hologram untuk PSY dan BIGBANG, serta projection mapping untuk launching show Tiffany di Beijing.


Beat Racer adalah game balapan mobil yang terinspirasi oleh musik dari Daft Punk dan film yang berjudul Tron. Perpaduan dunia yang penuh cahaya ditemani dengan musik EDM (electronic dance music) sangatlah kental di Beat Racer. Kita seakan dibawa memasuki sebuah dunia digital yang penuh musik dan diajak balapan dengan menggunakan mobil sambil berusaha mengalahkan musuh berupa mobil lainnya.


Melaju dan mengalahkan musuh dengan musik futuristis


Beat Racer - logoPada Beat Racer, kamu akan memulai balapan di delapan dunia dengan musik yang berbeda. Kamu diajak untuk mengumpulkan Beat Coin dan Crystal yang tercecer pada dunia tersebut. Nantinya ini akan menjadi mata uang di Beat Racer.


Kamu diharuskan untuk menjadi pembalap dengan posisi terdepan di setiap dunia. Karena begitu posisi kamu dibalap oleh musuh, maka seketika itu juga kamu akan mati. Kontrol dari game ini sangatlah mudah karena kamu hanya perlu melakukan gerakan swipe ke kiri, kanan, dan atas untuk menghindari rintangan, serta swipe bawah untuk menyerang musuh.


Beat Racer - Screenshot1Meskipun memiliki kontrol yang mudah, kemunculan Beat Coin, Crystal, rintangan, dan musuh yang acak dapat menggagalkan ambisimu untuk bertahan hidup di Beat Racer. Sering kali saya kalah karena berambisi mengambil seluruh Beat Coin dan Crystal, lalu tertabrak oleh rintangan yang berada tepat di depannya.


Menabrak rintangan tidaklah membunuh kamu secara langsung, tetapi Beat Point kamu di atas layar akan langsung kembali kosong dan musuhmu akan langsung menyambar dan memusnahkan kendaraanmu. Semakin jauh kamu bertahan hidup melewati dunia dalam Beat Racer, maka akan semakin sulit rintangan yang ada dan semakin banyak jumlah Beat Coin dan Crystal yang akan kamu akumulasi.


Beat Coin dapat kamu gunakan untuk membeli mobil baru atau melakukan upgrade mobil yang ada. Sedangkan Crystal dapat kamu gunakan untuk hidup kembali jika kamu musnah ditabrak lawan, atau untuk membeli dunia baru pada fitur Challenge. Sayangnya tidak ada kegunaan lain dari kedua mata uang tersebut selain yang tadi telah disebutkan.


Jalanan penuh dengan lampu neon yang terinspirasi oleh Tron


Beat Racer memiliki delapan dunia yang disajikan dengan sangat indah di bawah gemerlap warna lampu neon. Setiap dunia memiliki pemandangan yang berbeda ditemani alunan musik EDM.


Dengan seluruh elemen dari game yang didesain secara tiga dimensi, visual dari Beat Racer dapat dipastikan merupakan kelas atas. Pemandangan yang diberikan juga berubah sesuai dengan jumlah combo yang dilakukan oleh kamu. Combo keberhasilan mengumpulkan Beat Coin dan Crystal secara berturut-turut dapat mengubah efek warna lampu neon dari biru menjadi kuning dan merah.


Beat Racer - Screenshot2Selain mengubah efek warna lampu neon, keberhasilan combo juga dapat memberikan efek kekal dan tak terkalahkan seperti Mario dalam Super Mario Bros. saat mendapatkan bintang emas. Mobil kamu akan melaju dengan sangat kencang untuk waktu yang terbatas. Kamu dapat menabrak seluruh rintangan. Selain itu, tidak akan ada musuh yang dapat mengejar dan menyerangmu selama beberapa detik.


Pemandangan futuristis serta efek yang modern bertebaran di sepanjang game. Efek pada saat mendapatkan Crystal berwarna merah dan meledaknya musuh yang berwarna biru cukup memberikan kepuasan diri pada saat bermain.


Musik EDM fantastis serta adiktif


Musik electronic dance dalam Beat Racer tidak dapat dimungkiri keindahannya. Kamu diajak untuk memainkan game seperti mendengarkan album yang berisi delapan judul musik EDM. Untuk mendengarkan musik berikutnya, kamu dipaksa untuk melewati dunia tersebut.


Bagi para pencinta musik EDM seperti Daft Punk atau Skrillex, kamu pasti mengetahui bahwa musik dari Beat Racer sudah melebihi musik sebuah game. Bahkan sangat mungkin untuk Lila Soft untuk merilis sebuah CD musik yang berasal dari soundtrack Beat Racer secara komersial.


Alunan musik EDM yang menemani kamu dalam menghindari rintangan dan juga mengalahkan musuh memberikan semangat untuk melewati dunia tersebut. Efek suara pada saat mendapatkan Beat Coin serta Crystal juga sangat pas disesuaikan oleh musik. Dapat diakui bahwa musik EDM adalah nilai utama dari Beat Racer. Wajib bagi kamu untuk memainkan game ini sambil menggunakan headphone.


Grinding yang membosankan disertai monetisasi yang tidak memaksa


Meskipun disertai dunia tiga dimensi yang memukau serta musik EDM yang sangat merdu didengarkan di telinga, saya merasa bosan untuk memainkan Beat Racer secara terus-menerus. Grinding yang kamu lakukan tidak begitu memberikan perubahan yang berarti kecuali kecepatan dari mobil yang kamu gunakan.


Beat Racer - Screenshot3Fitur upgrade mobil hanya menambah kecepatan mobil. Sedangkan fitur membeli jenis dan warna mobil baru hanyalah sebagai penghabis mata uang Beat Coin kamu. Saya berharap untuk update ke depan akan ada fitur power up atau equipment pada mobil agar gameplay terasa lebih seru dan tidak membosankan.


Pada fitur Challenge, kamu dapat memilih dunia dan menorehkan skor tertinggi—bahkan skor sempurna. Kamu dapat melakukan grinding Beat Coin dan Crystal di sini jika hanya ingin memainkan game ini selama lima menit saja.


Beat Racer juga memberikan banyak kemudahan mendapatkan Beat Coin dan Crystal melalui bonus login harian dan juga dengan menonton iklan. Seperti biasa, kamu mendapatkan Beat Coin atau Crystal secara gratis hanya dengan menonton iklan berdurasi tiga puluh detik hingga satu menit. Fitur microtransaction tidak begitu penting selain hanya untuk mempercepat permainan.


Dunia dan musik yang memukau dengan gameplay datar


Percobaan awal Lila Soft dalam memasuki industri game mobile tidak dapat diremehkan. Mulai dari musik EDM yang memukau disertai dengan dunia yang dipoles dengan indah sesuai dengan tema dapat menciptakan sebuah lingkungan yang menarik untuk dimainkan.


Sayang hal ini tidak dipadukan dengan fitur yang menarik serta adiktif bagi para pemain untuk dapat kembali bermain secara terus-menerus. Kurangnya fitur power up dan juga equipment pada mobil yang kamu mainkan membuat game ini cepat terasa membosankan. Bayangkan betapa menarik dan luasnya Beat Racer bila memiliki fitur tersebut.


Saya juga berharap pada update ke depan Lila Soft dapat memasukkan fitur untuk memilih penggunaan kontrol yang lebih banyak, seperti tap dan tidak hanya swipe saja. Karena terkadang kontrol swipe bisa jadi tidak responsif jika kita ingin bermain santai.


Suka game bertema balapan? Cek daftar game balap motor terbaik untuk Android di sini


Kesimpulannya, Beat Racer adalah game yang menarik untuk dimainkan baik dari segi musik dan juga visual. Beat Racer sangat layak untuk dicoba dan memiliki potensi untuk memberikan fitur lebih baik ke depannya. Beat Racer sudah tersedia untuk iOS untuk iPhone dan iPad dan akan muncul untuk platform Android dalam waktu dekat.




App Info











Beat Racer

LILA SOFT –  May 18, 2016

Genre:  Games, Music, Arcade

Size:  79.63 MB

Installs:  N/A

Gratis



Download






(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah dan Iqbal Kurniawan)


The post Review Beat Racer – Balapan Mobil sambil Ditemani Musik EDM appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar