Blogger templates

Jumat, 29 April 2016

Analisis Patch 6.87 Dota 2 – Mengubah Meta, Lebih Dinamis, dan Makin Variatif

Mendekati turnamen Manila Major, Valve merilis patch 6.87 Dota 2 terbaru pada tanggal 25 April 2016 lalu. Patch terbaru ini menghadirkan tujuh item baru, sedikit perubahan lanskap, modifikasi pada sistem permainan, dan penyesuaian ability beberapa hero yang sempat menjadi “diva” pada patch sebelumnya.


Patch 6.87 begitu besar, sehingga saya cukup yakin bahwa perubahan ini akan berdampak besar pada meta permainan ke depannya. Berikut ini adalah hal-hal yang patut kamu perhatikan dan pahami baik-baik.


Ranked All Pick


Patch 687 Dota 2 | Screenshot 1


Apakah kamu pernah merasa kesal melawan hero yang itu-itu saja dan sulit untuk dikonter? Jika ya, kini kamu memiliki kesempatan untuk melakukan ban terhadap hero tertentu melalui proses voting sebelum masuk ke tahap pemilihan hero ketika bermain mode Ranked All Pick.


Prosesnya cukup sederhana. Sebelum memilih hero untuk digunakan, kamu bisa mengusulkan satu hero yang nantinya dihilangkan dari daftar pilihan. Setiap pemain hanya bisa mengusulkan satu hero dan harus berbeda dari pemain lain.


Setelah lima belas detik berlalu, sistem akan melakukan ban sebanyak setengah dari jumlah usulan. Jadi apabila terdapat sepuluh usulan, maka sistem akan melakukan ban terhadap lima hero secara acak.


Meskipun masih terdapat unsur keberuntungan dalam mekanisme baru ini, namun tetap bisa menjadi solusi bagi kamu yang kesulitan menghadapi hero tertentu entah karena kemampuan split push seperti Anti Mage, kuat di late game seperti Spectre, atau hero high skill high reward seperti Meepo.


Jika kamu bermain dengan empat orang temanmu dalam sebuah party, sistem ban ini mampu memberikanmu kesempatan untuk mengatur strategi kemenangan. Kamu bisa mencoba strategi rat dengan melakukan ban terhadap hero-hero yang memiliki kemampuan defensif tinggi seperti Earthshaker, Lina, dan Invoker.


Scan Minimap


Patch 687 Dota 2 | Screenshot 8


Bayangkan situasi seperti ini; musuh sedang melakukan push menuju tower tier 3 tengah, namun kamu tidak mengetahui keberadaan mereka karena fog of war. Untuk mengantisipasi serangan kejutan atau mengeksekusi konter dengan baik, kamu tentu perlu mengetahui setidaknya di mana mereka berada untuk menjaga jarak yang aman. Nah, di sinilah kemampuan Scan diperlukan.


Mirip dengan Glyph of Fortification, Scan memiliki cooldown global selama 4,5 menit untuk masing-masing tim. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengeklik ikon Scan berbentuk persegi kuning yang berada di sebelah kiri atas antarmuka mini map. Kemudian, kamu pilih area mini map mana yang ingin dipindai selama delapan detik.


Jika tidak ada musuh, Scan akan memberikan warna hijau. Sebaliknya jika terdapat musuh di sana, Scan akan berwarna merah. Perlu kamu ingat, Scan tidak dapat memindai hero di area Roshan. Namun, Scan masih mampu memindai hero-hero dalam efek Smoke of Deceit.


Potensi Hero Tipe Strength dan Intelligence di Late Game


Patch 687 Dota 2 | Screenshot 3


Patch kali ini juga menghadirkan modifikasi pada status setiap hero. Masing-masing hero kini memulai permainan dengan HP dasar 200 dan mana sebesar 50. Kemudian ditambah dengan setiap poin strength yang memberikan 20 HP (sebelumnya 19) dan setiap poin intelligence yang memberikan 12 mana (sebelumnya 13).


Hero-hero nuker yang mengandalkan damage dari ability seperti Zeus, Lion, Ogre Magi, atau Lina dapat bersenang hati berkat patch 6.87. Pasalnya, kini setiap 16 poin intelligence yang mereka miliki akan menambahkan damage ability sebesar satu persen. Artinya dalam situasi late game, hero-hero nuker tersebut mampu memberikan damage yang semakin besar kepada musuh-musuh yang memiliki HP lebih besar juga.


Berpikir Dua Kali Sebelum Melakukan Dive


Patch 687 Dota 2 | Screenshot 4


Apabila kamu memang hobi bermain secara agresif dengan melakukan dive ke tower musuh, mungkin kamu perlu melakukan pertimbangan dengan matang sebelum melakukannya dalam patch ini. Sekarang tower memiliki aura yang memberikan buff armor kepada hero kawan di dekatnya.


Tower tier 1 memberikan buff armor sebesar satu, sedangkan tier 2, 3, dan 4 masing-masing memiliki efek aura armor sebesar tiga. Artinya, tim yang menyerang perlu memiliki damage yang cukup untuk membunuh hero di balik pertahanan tower musuh. Jika tidak, bisa-bisa kamu yang nekat melakukan dive malah terkena serangan balik dan kalah dalam pertempuran.


Tujuh Item Baru dan Perubahan Lainnya


Patch 687 Dota 2 | Screenshot 5


Tidak tanggung-tanggung, Valve dan IceFrog menghadirkan tujuh item baru sekaligus dalam patch 6.87 ini. Tidak hanya itu saja, beberapa item lama juga mengalami perubahan yang menurut saya mampu membuat gaya permainan menjadi lebih dinamis.


  • Bloodthorn – Kini Bloodthorn menjadi item paling mahal dengan harga total 7.195 Gold untuk dibuat. Item yang dibuat dari Orchid, Crystalis, dan resep ini memiliki kemampuan aktif yang mengerikan. Selain memberikan efek silence kepada target, setiap serangan kepada target tersebut memiliki True Strike dan critical sebesar 1,35 kali lipat. Kamu bisa bayangkan apabila Windranger memiliki item ini.

  • Echo Sabre – Sebuah item menarik untuk para hero carry dengan tipe serangan melee. Kemampuan pasif dari Echo Sabre mampu menyerang dua kali setiap lima detik, sambil membuat hero musuh tak bisa bergerak maupun melancarkan basic attack selama 0,6 detik. Hero seperti Sven, Lifestealer, dan Wraith King cocok menggunakan item ini.

  • Blight Stone – Dengan harga 300 Gold, item ini memberikan debuff minus dua armor kepada hero musuh setiap kali mereka menerima seranganmu. Item ini baik digunakan apabila kamu ingin bermain agresif atau membunuh Roshan di awal permainan.

  • Infused Raindrops – Item ini memiliki fungsi yang mirip dengan Pipe of Insight. Dengan menebusnya seharga 225 Gold, Infused Raindrops akan melindungimu dari 150 damage magic sebanyak lima kali. Jika kamu mendapatkan banyak harass dalam fase laning, Infused Raindrops dapat menjadi solusi.

  • Wind Lace – Memberikan tambahan movement speed sebesar 20 dengan harga 225 Gold. Wind Lace tentu sangat berguna untuk mendukung mobilitas para support ketika melakukan gank, atau kabur dari kejaran musuh.

  • Tome of Knowledge – Item ini menurut saya adalah teman baik dari para hero yang membutuhkan level untuk mempelajari ability kunci guna memenangkan pertempuran. Hanya dengan menebusnya seharga 150 Gold, Tome of Knowledge akan memberikan jagoanmu 425 XP. Namun, Tome of Knowledge baru tersedia di shop pada menit kesepuluh dan kelipatannya.

  • Hurricane Pike – Jika terdapat Echo Sabre yang cocok digunakan oleh hero melee, patch ini menghadirkan Hurricane Pike yang mampu membuat hero range lebih kuat sekaligus memberikanmu mekanisme untuk kabur. Hurricane Pike memiliki kemampuan aktif yang jika digunakan kepada musuh akan membuat kalian terdorong menjauh 900 unit, lalu kamu dapat menyerangnya sebanyak empat kali dalam waktu lima detik tanpa batasan jarak. Item ini cukup mengerikan jika dipasangkan dengan hero range berdaya serang besar dan vision yang baik.

  • Town Portal Scroll – Berbahagialah kamu yang malas atau pelit membeli Town Portal Scroll, dan (mungkin) ucapkan selamat tinggal kepada feed karena kini Town Portal Scroll hanya seharga 50 Gold saja.

  • Observer Ward – Meskipun durasinya kini menjadi enam menit, namun Observer Ward menjadi lebih murah dan lebih cepat untuk melakukan restock. Tidak hanya itu, kamu akan memperoleh 100 Gold dan 25 XP ketika melakukan deward. Semoga perubahan ini membuat para support untuk lebih rajin melakukan warding.

  • Sange and Yasha – Apakah kita akan kembali melihat kepopuleran Sange and Yasha dalam patch ini? Sange and Yasha kini memiliki kemungkinan sebesar tiga puluh persen untuk memberikan efek maim kepada musuh. Perubahan ini menurut saya mampu menjadi opsi yang baik untuk bermain secara agresif di early dan mid game.

  • Blade Mail – Kini Blade Mail menjadi sebuah item yang sangat bagus untuk bertahan dan berpotensi memutarbalikkan keadaan. Dalam patch 6.87, Blade Mail mengembalikan damage sebelum mengalami pengurangan seperti armor atau magic resistance. Selain itu, tipe damage yang dikembalikan oleh Blade Mail juga sama dengan yang diterima oleh penggunanya.

  • Armlet of Mordiggian – Penambahan 5 armor ketika tidak aktif dan 10 armor ketika aktif membuat Armor of Mordiggian memiliki nilai yang besar. Armor yang diberikan berperan besar dalam kemampuan bertahan pemakainya. Belum lagi apabila digunakan oleh Wraith King atau Lifestealer, mungkin kamu perlu berpikir dua kali sebelum berhadapan satu lawan satu dengannya.

Balancing Hero


Patch 687 Dota 2 | Screenshot 6


Bagi kamu yang sering menonton pertandingan Dota 2 kompetitif, mungkin sudah cukup bosan melihat hero-hero seperti Outworld Devourer, Death Prophet, dan Enchantress. Dalam patch kali ini, ketiga hero tersebut mengalami nerf yang cukup drastis.


Selain itu, kamu juga akan mendapati beberapa hero yang mendapatkan buff dan berpotensi menghadirkan meta permainan baru.


  • Outworld Devourer – Arcane Orb kini hanya mencuri 4 intelligence dan membutuhkan mana yang cukup besar (160 mana) untuk menggunakannya pada level 4. Outworld Devourer mungkin masih menjadi meta permainan, namun membutuhkan item lebih sebelum ia siap untuk clash.

  • Death Prophet – Spirit Syphon tidak lagi memberikan vision pada target dan tidak memiliki tipe damage pure, melainkan magic. Artinya, ability ini menjadi kurang agresif dan dapat dikonter menggunakan Black King Bar.

  • Enchantress – Ability ultimate miliknya, Impetus, kini hanya memberikan damage sebesar 22 persen dari jarak proyektil. Jarak terjauhnya pun diperpendek menjadi 1.750 saja. Sehingga, damage maksimum yang mampu diberikan oleh Impetus menjadi 385 saja pada level 4.

  • Axe – Ability Counter Helix miliknya mendapatkan penyesuaian. Kini tipe damage dari ability tersebut menjadi pure, meskipun terdapat sedikit pengurangan. Namun hal ini berarti Axe dapat melakukan scale dengan baik dengan memberikan damage konstan sebesar 180, tidak peduli berapa besar armor musuh pada late game.

  • Earthshaker – Earthshaker mampu melompat sejauh 900 unit dan langsung mengaktifkan Enchant Totem dengan Aghanim’s Scepter ketika mendarat. Modifikasi ini jelas memberikan opsi mobilitas untuk Earthshaker selain Blink Dagger dan Force Staff, serta inisiasi yang lebih baik.

  • Mirana – Dengan Aghanim’s Scepter, Mirana akan mengeluarkan Starstorm secara pasif setiap delapan detik yang memiliki cooldown berbeda dengan ability Starstorm aktif miliknya. Kamu tentu bisa membayangkan besarnya damage area yang mampu dikeluarkan oleh Mirana dengan Aghanim’s Scepter.

  • Phantom Assassin – Ability Stifling Dagger miliknya kini mampu melakukan scale dengan baik di akhir permainan. Pada level 4, Stifling Dagger akan memberikan damage sebesar 60 ditambah 70 persen damage dari serangan dasarmu. Namun, tipe damage dari ability ini tidak lagi pure, melainkan fisik.

  • Riki – Hero ini tersedia dalam Captain’s Mode, artinya cepat atau lambat kamu bisa melihat hero ini pada pertandingan kompetitif. Damage Blink Strike juga meningkat menjadi 120 pada level 4. Selain itu, ability ultimate miliknya, Tricks of the Trade, memiliki cooldown selama 30 detik saja pada level 3.

  • Silencer – Mungkin kamu akan kembali sering melihat Silencer di ranah kompetitif. Pasalnya, Arcane Curse kini ikut melambatkan movement speed musuh sebesar 18 persen pada level empat dan perlu kamu ingat juga bahwa ability ini memiliki area yang cukup besar.

  • Viper – Kini Viper memiliki pilihan item yang lebih beragam karena Poison Attack tidak lagi merupakan unique attack modifier. Artinya, kamu bisa menggunakan Orb of Venom di awal permainan untuk memberikan efek racun dan lambat yang lebih tinggi.

  • Winter Wyvern – Efek Aghanim’s Scepter mampu membuat Winter Wyvern terus menerus mengaktifkan Arctic Burn tanpa perlu memedulikan cooldown. Perubahan ini jelas membuat Winter Wyvern lebih kuat. Karena perlu kamu ingat bahwa selain memberikan damage dan slow yang cukup menyebalkan, Arctic Burn membuat hero ini terbang dan memberikan tambahan jarak panjang sejauh 400 unit ketika malam hari.

Kesimpulan


Patch 687 Dota 2 | Screenshot 7


Saya cukup yakin bahwa patch 6.87 akan mengubah meta permainan. Perubahan ini cukup memberikan kejutan bagi para tim Dota 2 yang sudah berlatih dari jauh-jauh hari untuk kualifikasi Manila Major bulan Mei mendatang, dan acara puncaknya pada tanggal 3 – 6 Juni 2016.


Karena aura armor yang diberikan oleh tower, menurut saya permainan akan sedikit berjalan lebih lama. Namun, gaya permainan akan menjadi lebih variatif berkat tujuh item baru dan modifikasi dari beberapa item seperti Town Portal Scroll, Observer Ward, Sange and Yasha, dan Armlet of Mordiggian.


Hero support, terutama yang memiliki intelligence sebagai atribut utama, akan lebih “makmur” dan mampu scale dengan baik. Hero-hero yang mendapatkan buff dalam patch ini seperti Earthshaker, Viper, Axe, dan Silencer juga saya ramalkan akan lebih sering muncul.


Mungkin, kamu juga akan melihat kembali munculnya kombinasi hero dan item klasik seperti Lifestealer dengan Sange and Yasha, hingga Spectre dengan Vanguard dan Blade Mail. Menurut kamu, kombinasi dan meta seperti apa yang akan muncul dalam patch kali ini?


Sumber: Dota 2


The post Analisis Patch 6.87 Dota 2 – Mengubah Meta, Lebih Dinamis, dan Makin Variatif appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar