Blogger templates

Jumat, 29 April 2016

Samsung Ajak Mahasiswa Membuat Aplikasi Inovatif Lewat Kompetisi Ideaction 2016

Generasi muda identik dengan ide kreatifnya. Namun, wadah yang memungkinkan mereka untuk merealisasikan ide tersebut di Indonesia masih belum banyak. Lewat Samsung Ideaction 2016, remaja yang masih duduk di bangku kuliah berkesempatan mewujudkan ide-ide mereka dalam bentuk aplikasi yang dapat berjalan di perangkat mobile keluaran vendor asal Korea Selatan tersebut.


Tidak hanya dapat membuat ide menjadi nyata, aplikasi tersebut nantinya pun dapat membantu memecahkan permasalahan di masyarakat. “Kami yakin banyak ide yang bisa memberikan impact luar biasa di luar sana, terlebih melihat 25 persen populasi Indonesia adalah generasi muda,” ujar Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, pada acara press conference di Jakarta, Kamis (28/4).


Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik, generasi millenial, yang dilahirkan di kisaran tahun ‘80-an hingga 2000-an, akan menguasai 50 hingga 60 persen populasi masyarakat Indonesia dengan menjadi populasi usia produktif terbesar dalam lima tahun mendatang. Teknologi seperti smartphone pun sudah menjadi bagian dari hidup mereka.


Hal tersebut dibuktikan dari hasil riset Crowd DNA di bawah pengawasan Facebook yang menyatakan bahwa untuk berinteraksi dengan teman-teman saja, 90 persen dari mereka memilih untuk melakukannya melalui teknologi, 73 persen juga memiliki ketertarikan pada teknologi, dan 72 persen merasa perlu tahu perkembangan terkini mengenai teknologi.


Berdasarkan pengamatan itu, Samsung ingin memberikan wadah bagi generasi muda melalui, khususnya mereka yang masih berstatus mahasiswa, melalui Samsung Ideaction. Kompetisi yang diadakan untuk pertama kalinya ini menggandeng 12 perguruan tinggi negeri dan swasta di pulau Jawa.


Hadiah beasiswa dan Edu Trip ke Korea Selatan


Peserta terbatas pada mahasiswa S1 yang masih aktif dan terdaftar pada 12 universitas tadi, dan bisa diikuti oleh individo maupun kelompok (maksimal tiga orang dan berasal dari universitas yang sama). Dari semua proposal ide yang masuk, akan disaring puluhan peserta dengan ide terpilih, yang nantinya akan mendapatkan coaching dan mentoring. Selanjutnya, Samsung akan memilih tujuh finalis terbaik yang kemudian dikerucutkan lagi menjadi tiga pemenang.


Juara pertama akan mendapatkan kesempatan mengikuti Edu Trip ke Korea Selatan. Edu Trip ini mengajak pemenang mengunjungi Samsung Innovation Museum, hingga bertemu dengan tim ristek Samsung dan pihak-pihak lain yang berperan dalam inovasi teknologi di perusahaan ini.


Kunjungan tersebut diharapkan dapat memberikan inspirasi, bagaimana inovasi tidak hanya berdampak positif kepada industri teknologi, tetapi juga dapat mengubah nasib suatu bangsa. Selain itu, pemenang juga akan mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp100 juta. Samsung juga memberikan dukungan fasilitas dengan nilai yang sama kepada universitas pemenang.


Sosialisasi Samsung Ideaction dilakukan sejak 25 April hingga 4 Mei 2016, lewat roadshow yang diadakan di tiap-tiap universitas secara bergantian. Batas pengiriman proposalnya sendiri bervariasi, mulai 16 Mei hingga 26 Mei 2016, agar mahasiswa yang kampusnya paling terakhir dikunjungi roadshow masih punya waktu untuk menyiapkan ide mereka.


Vebbyna menambahkan, tidak menutup kemungkinan ide-ide yang belum berkesempatan menang bisa direalisasikan. “Jika Samsung melihat potensi besar, bisa tetap dieksekusi nantinya. Karena, percaya atau tidak, semua proposal yang masuk akan dinilai oleh tim juri,” katanya.


Selain Vebbyna, tim juri Samsung Ideaction berisi Aflred Boediman (VP Samsung R&D Institute Indonesia), Yoris Sebastian (Creative Consultant OMG), Abdul Hapid (Peneliti Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI), dan Rama Mamuaya (CEO Executive DailySocial).


Baca juga: Kamu Mahasiswa dan Tertarik dengan Dunia Entrepreneur? Coba Lirik 5 Inkubator Kampus di Jakarta Ini



Selain Samsung, sejumlah vendor teknologi  yang memiliki agenda untuk menampung ide-ide kamu muda adalah Telkomsel dengan ajang The NextDev, lalu ada XL Axiata melalui Future Leaders 2016.


(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)


The post Samsung Ajak Mahasiswa Membuat Aplikasi Inovatif Lewat Kompetisi Ideaction 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar