Platform e-commerce yang diprakarsai oleh Lippo Group, MatahariMall, kembali membuat sebuah terobosan baru untuk menarik banyak pembeli. Pada tanggal 17 Mei 2016, mereka memperkenalkan dua buah layanan asuransi untuk produk-produk yang mereka jual, yaitu asuransi penggantian barang rusak bernama Super Sakti (Rusak Ganti), dan asuransi kecelakaan yang disebut Super Selamat.
Dalam menyediakan layanan ini, MatahariMall bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang juga merupakan anak perusahaan Lippo Group, LippoInsurance.
Layanan asuransi ini dibuat seiring dengan perkembangan MatahariMall yang cukup pesat. Baru memiliki 180.000 produk yang dijual (SKU) pada bulan September 2015, angka tersebut kini telah bertambah sekitar tiga kali lipat. “Saat ini kami telah mempunyai sekitar 500.000 SKU,” tutur Hadi Wenas, CEO MatahariMall, kepada Tech in Asia.
Tidak akan ada biaya tambahan

Kedua layanan asuransi tersebut diberikan oleh MatahariMall untuk dua kategori produk yang berbeda. Super Sakti dibuat untuk produk-produk elektronik seperti smartphone dan kamera, sedangkan Super Selamat dikhususkan bagi produk otomotif seperti helm dan sepeda motor.
Uniknya, kedua asuransi tersebut bisa kamu dapatkan tanpa harus membayar biaya tambahan. “Kami membuat layanan ini sebagai sebuah paket, jadi uang yang dibayarkan pengguna membeli barang sudah termasuk biaya untuk asuransi,” tutur Agus Benjamin, CEO LippoInsurance.

Setiap produk yang dijual dengan layanan Super Sakti dan Super Selamat ini akan mempunyai simbol khusus. Jika kamu membeli produk-produk dengan tanda tersebut, LippoInsurance akan mengirimkan polis asuransi lewat email serta langkah-langkah untuk mengaktifkan polis tersebut.
“Saat ini sudah ada ratusan produk yang dilengkapi dengan layanan Super Sakti dan Super Selamat. Kami berharap jumlah tersebut bisa meningkat hingga ribuan produk,” tutur Hadi Wenas.
Smartphone terbanting akan diganti

Hadi Wenas (CEO MatahariMall, kiri) dan Agus Benjamin (CEO LippoInsurance, kanan)
Untuk layanan Super Sakti, LippoInsurance hanya bisa memberikan penggantian uang sebesar 70 persen untuk barang elektronik yang bergerak, seperti smartphone, kamera, dan notebook. Adapun untuk barang elektronik yang tidak bergerak seperti kulkas, AC, dan televisi, mereka bisa mengganti sebesar 85 persen dari harga saat produk tersebut dibeli.
Asuransi Super Sakti ini berlaku selama sembilan puluh hari sejak polis diaktifkan, dan bisa digunakan untuk barang yang terjatuh, terbanting, atau terkena air. Proses klaim pun bisa dilakukan dengan mengirim barang yang rusak beserta dokumen pendukung ke kantor LippoInsurance.
Sedangkan untuk layanan Super Selamat, LippoInsurance memanfaatkan produk asuransi mereka yang bernama Persona. Asuransi kecelakaan ini bisa berlaku selama 365 hari apabila kamu hanya mendaftarkan diri kamu sendiri, dan hanya berlaku selama 30 hari apabila kamu juga mendaftarkan keluarga kamu hingga maksimal empat orang.
Tambahan layanan asuransi yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia ini jelas menjadi keunggulan MatahariMall bila dibandingkan dengan e-commerce lain. Apabila inovasi ini terbukti sukses, tidak mustahil kalau e-commerce lain juga akan ikut memberikan layanan serupa.
(Diedit oleh Iqbal Kurniawan; sumber gambar: David)
The post MatahariMall Tambahkan Asuransi untuk Pembelian Produk Elektronik dan Otomotif appeared first on Tech in Asia Indonesia.
sumber:
0 komentar:
Posting Komentar