Blogger templates

Rabu, 15 Juni 2016

Facebook Messenger (Kembali) Luncurkan Fitur untuk Mengirim dan Menerima SMS

Penggunaan aplikasi chat memang telah mengalahkan pengiriman pesan konvensional lewat Short Message Service (SMS) saat ini. Di awal tahun 2015 yang lalu, jumlah pesan yang dikirimkan lewat WhatsApp bahkan sudah jauh meninggalkan SMS. Namun tetap saja, masih ada beberapa orang yang tetap aktif menggunakan SMS untuk berkomunikasi.


Alasan itulah mengapa Facebook akhirnya memutuskan untuk kembali mengintegrasikan layanan SMS ke dalam aplikasi Facebook Messenger untuk Android. Kembali? Ya, karena mereka sebenarnya telah melakukan hal tersebut pada tahun 2012, sebelum kemudian memutuskan untuk menghentikannya di tahun 2013. Pada waktu itu, Facebook beralasan kalau jumlah pengguna yang memanfaatkan layanan tersebut sangatlah sedikit.


Facebook Messenger SMS 1 | Screenshot


Pengumuman kembalinya layanan SMS di Facebook Messenger ini disampaikan oleh David Marcus, VP of Messaging Products di Facebook, dalam akun Facebook miliknya. Menurut David, Facebook Messenger tidak hanya bisa menerima dan mengirimkan teks serta gambar melalui SMS, tapi juga pesan suara dan stiker. Chat Head berbentuk bulat yang selalu muncul di layar smartphone kamu setiap kali ada pesan masuk di Facebook Messenger, juga akan tampil setiap ada pesan SMS.


Untuk menggunakan layanan ini, kamu hanya perlu masuk ke menu pengaturan (settings) di Facebook Messenger. Di menu tersebut, kamu harus menekan pilihan SMS, lalu menyalakan pilihan “Default SMS App”. Setiap pesan yang masuk lewat SMS nantinya akan tampil dengan latar belakang berwarna ungu, sedangkan pesan yang masuk dari Facebook Messenger tetap berwarna biru.


Dave Morin Facebook SMS | Screenshot


Sayangnya, integrasi ini belum dilengkapi dengan fitur enkripsi yang kuat. Hal tersebut diungkapkan Dave Morin, CEO dari Path, ketika mengomentari pengumuman yang dibuat oleh David. Menanggapi hal tersebut, Stan Chudnovsky, Head of Product for Messaging di Facebook, mengatakan kalau mereka akan menerapkan enkripsi di kemudian hari.


Fitur baru ini sudah bisa digunakan di beberapa negara mulai hari ini. Sayangnya, Facebook tidak menjelaskan apakah mereka akan menerapkannya pada aplikasi Facebook Messenger untuk iOS.


Simak ulasan tentang hal-hal menarik yang diluncurkan Facebook di acara F8 2016 di sini


Dengan kehadiran integrasi SMS ini, Facebook jelas berharap kalau di kemudian hari para pengguna akan menggunakan Facebook Messenger sebagai aplikasi chat utama. Sebelumnya, integrasi dengan SMS ini telah dilakukan oleh aplikasi chat yang dimiliki oleh Google, yaitu Hangouts.




App Info











Messenger

Facebook –  Apr 06, 2016

Genre:  Communication

Size:   Varies with device

Installs:   1,000,000,000 – 5,000,000,000

Gratis



Download






(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)


The post Facebook Messenger (Kembali) Luncurkan Fitur untuk Mengirim dan Menerima SMS appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar