Blogger templates

Rabu, 15 Juni 2016

Integrasi Uber dengan iOS 10 Izinkanmu Memesan Kendaraan Lewat Siri

Dalam acara WWDC 2016 yang diadakan dini hari tadi, Apple mengumumkan beberapa pembaruan. Dua di antaranya adalah pembaruan untuk asisten pribadi virtual Siri dan Apple Maps. Apple kini membuka Software Development Kit (SDK) untuk dua aplikasi tadi, sehingga developer dapat mengintegrasikan keduanya pada aplikasi buatan mereka sendiri.


Salah satu aplikasi pertama yang memanfaatkan SDK ini adalah Uber. Nantinya, pengguna dapat memesan perjalanan menggunakan Siri lewat perintah suara. Selain memesan perjalanan, pengguna juga dapat menerima update tentang pesanan perjalanan itu secara real-time.


Menggunakan Siri, yang untuk pertama kalinya akan hadir lini komputer Apple, kamu juga bisa mengonfirmasi pemesanan, melihat biaya perjalanan, serta informasi tentang pengemudi. Kira-kira sama seperti saat kamu mengakses Uber dari aplikasinya.


Pengguna Uber nantinya dapat memesan kendaraan dari aplikasi Apple Maps | Image

Pengguna Uber nantinya dapat memesan kendaraan dari aplikasi Apple Maps. Sumber gambar: iPhone Hacks



Tidak hanya lewat Siri, pengguna juga akan bisa memesan perjalanan langsung dari aplikasi Maps. Saat membuka suatu lokasi di Maps, kamu dapat melihat opsi memesan Uber untuk menuju lokasi itu.


Lalu dengan adanya fitur notifikasi baru iOS 10, kamu akan melihat saat pesanan kendaraanmu tiba dalam animasi peta. Dari notifikasi itu, kamu dapat menghubungi pengemudi atau membatalkan perjalanan.


Sistem pembayaran Uber juga akan terintegrasi dengan Apple Pay. Verifikasi pembayaran dapat dilakukan dengan sensor sidik jari Touch ID. Namun, mengingat layanan pembayaran ini tidak tersedia di Indonesia, kamu belum bisa menggunakannya.


“Kami berharap para pengguna akan menyukai fitur-fitur baru ini, dan tidak sabar untuk bisa segera menghadirkannya,” ujar juru bicara Uber lewat keterangan tertulis yang diterima Tech in Asia.


Cek hal-hal keren lainnya yang diumumkan Apple semalam di acara WWDC 2016!


iOS 10 sendiri dijadwalkan tersedia pada musim gugur tahun ini, yaitu bulan September. Sedangkan versi betanya sudah bisa diakes oleh developer mulai hari ini. Selain Uber, beberapa aplikasi pihak ketiga yang dipastikan terintegrasi dengan Siri antara lain adalah Slack, WhatsApp, WeChat, Lyft, Shutterfly, Pinterest, Map My Run, RunKeeper, dan banyak lagi lainnya.


Menarik untuk diketahui apakah startup transportasi maupun logistik berbasis aplikasi di tanah air—seperti GO-JEK, Grab, Deliveree, Etobee, dan lainnya—berminat untuk mengintegrasikan layanan mereka dengan iOS 10.


(Diedit oleh Mohammad Fahmi; sumber gambar: The Next Web)


The post Integrasi Uber dengan iOS 10 Izinkanmu Memesan Kendaraan Lewat Siri appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar