Blogger templates

Rabu, 15 Juni 2016

Indiesche Partij Satukan Developer Game Lokal untuk Meriahkan Popcon Asia 2016

Indiesche Partij merupakan gerakan kolektif dari komunitas game developer Indonesia yang bekerja sama demi tumbuh kembang ekosistem dan industri game dalam negeri. Terinspirasi dari pameran Indie MEGABOOTH, gerakan ini diprakarsai oleh Eka Pramudita Muharram dari Mojiken, Frida Dwi dari Gamelan Jogja, juga dengan bantuan Kris Antoni dari Toge Productions yang pernah mengikuti Indie MEGABOOTH dalam Ajang PAX EAST 2016.


Menurut Eka, terbentuknya Indiesche Partij dikarenakan selama ini developer game independen masih bergerak dalam skala yang relatif kecil dan terkesan sporadis. Untuk mengikuti event konsumen besar yang sanggup menarik perhatian audiens, umumnya membutuhkan biaya yang relatif besar. Permasalahan inilah yang coba dipecahkan Indiesche Partij.


IN.Game 2016 | Photo

Indiesche Partij bisa dibilang merupakan tindak lanjut dari animo game developer lokal di IN.Game 2016 (Sumber foto: Duniaku)



“(Kalau) aku pribadi selalu ingin membuka ruang untuk teman-teman developer game indie agar karyanya bisa diketahui banyak orang. Salah satu formatnya dengan Indiesche Partij,” ungkap Frida Dwi yang dikenal dengan nama Mas Ube di kalangan developer game kota Yogyakarta.


Melalui gerakan kolektif Indiesche Partij, para developer game lokal diharapkan bisa berjumpa dan berkumpul dalam satu wadah untuk memamerkan karya mereka kepada konsumen demi perkembangan menuju arah yang lebih baik. 


Gandeng Dicoding sebagai langkah awal


Indiesche Partij x Bekraf Challenge 2016 | Art


Dengan menggandeng Dicoding Indonesia dan Badan Ekonomi Kreatif RI, event kolektif Indiesche Partij x Bekraf Challenge 2016 hadir sebagai langkah awal untuk menjalankan niat mulia dari teman-teman Indiesche Partij.


Tantangan Dicoding ini ditujukan bagi para game developer independen Indonesia yang memerlukan wadah publikasi khusus, agar karya mereka bisa ikut dipamerkan di ajang bergengsi Popcon Asia 2016. Event Indiesche Partij x Bekraf Challenge 2016 ini tak hanya bisa diikuti peserta dari kalangan developer game mobile saja, tetapi juga developer game PC yang memiliki karya berkualitas.


Syarat agar kamu bisa lolos dalam Indiesche Partij x Bekraf Challenge 2016 antara lain:


  • Peserta hanya boleh memasukkan satu karya mereka

  • Belum pernah mendapatkan investasi dari lembaga pendanaan mana pun (karya game mereka masih didanai sendiri).

  • Bersedia ikut serta dalam Popcon Asia 2016 (semua akomodasi dan transportasi ditanggung oleh peserta)

  • Memasukkan tautan video gameplay karya peserta (bukan trailer game) dalam kolom komentar dengan panjang durasi tiga menit. Contoh video gameplay  yang baik bisa dilihat di sini.

  • Sertakan pula tanggal target perilisan game yang telah dibuat di kolom komentar

Kriteria penilaian nantinya diambil dari keunikan tema, grafis, kreativitas, dan faktor lain-lain. Pendaftaran Indiesche Partij x Bekraf Challenge 2016 ditutup tanggal 11 Juli 2016.


Popcon Asia 2016 | Banner


Setelah seluruh karya terkumpul, panitia Indiesche Partij akan menyeleksi semua game yang diikutsertakan hingga terpilih delapan karya pemenang. Karya game dari pemenang nantinya akan dipamerkan pada acara Popcon Asia 2016 dan mendapatkan fasilitas booth showcase berikut layar LCD dan XP Dicoding sebesar 5.000 poin.


Gerakan “MEGABOOTH” yang digagas Indiesche Partij ini jelas merupakan kesempatan menarik bagi para developer game indie lokal agar gaung karya mereka semakin bisa dilihat khalayak umum yang hadir memeriahkan acara Popcon Asia. Ke depannya tak menutup kemungkinan Indiesche Partij bakal memeriahkan acara yang berfokus kepada khalayak konsumen lainnya di luar Popcon Asia 2016.


Dengan total jumlah pengunjung Popcon Asia yang mencapai puluhan ribu orang, kesempatan ini bisa menjadi batu lompatan agar game buatan developer lokal bisa dikenal dan menjadi sangat populer di negara sendiri. Jadi tunggu apa lagi? Segera daftarkan karya game kamu segera dan raih kesempatan untuk memeriahkan panggung Indiesche Partij di acara Popcon Asia 2016.


Dicoding Challenge: Indiesche Partij x Bekraf Challenge 2016


(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)


The post Indiesche Partij Satukan Developer Game Lokal untuk Meriahkan Popcon Asia 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar