Blogger templates

Selasa, 29 Maret 2016

Microsoft Demonstrasikan Percakapan dengan Hologram ala Star Wars

Komunikasi jarak jauh dengan teknologi hologram sudah sejak lama diimajinasikan oleh manusia. Mulai dari game hingga film fiksi imiah menggambarkan betapa komunikasi dengan hologram mampu meleburkan batasan jarak. Berdasarkan demonstrasi Holoportation yang dilakukan oleh Microsoft, teknologi masa depan ini tampaknya akan segera menjadi kenyataan.


Diberi nama Holoportation, teknologi ini sedikit berbeda dengan apa yang kita lihat di film-film. Untuk bisa melihat lawan bicara, kita memerlukan headset HoloLens, yang versi developernya saat ini dijual seharga US$3.000 (sekitar Rp40 juta).


Selain itu, diperlukan beberapa kamera 3D yang berfungsi untuk menangkap subjek dari berbagai sudut. Nantinya, wujud lawan bicara yang terlihat dari HoloLens adalah grafis 3D, bukan tampilan sesungguhnya.


Percakapan yang terjadi dapat direkam, dan kita bisa memutarnya kembali kapan saja. Kita juga dapat mengubah ukurannya—misalnya membuatnya lebih kecil, dan memindahkan posisinya.



Pengembangan Holoportation masih dalam tahap yang sangat awal. Seperti bisa dilihat pada video demonstrasi di atas, kualitas grafiknya terlihat masih “kasar.” Tentunya, di masa depan teknologi ini akan terus disempurnakan.


Baca juga: Dibanderol Rp40 Juta, Apakah HoloLens Masih “Seksi” untuk Developer Aplikasi?

Siapa tahu, dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, percakapan dengan hologram bisa dilakukan tanpa kamera 3D. Sehingga kita bisa melakukannya dari mana saja, bukan dari ruangan dengan pengaturan khusus seperti yang didemonstrasikan oleh Microsoft ini.


(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar Aztec Movies)


The post Microsoft Demonstrasikan Percakapan dengan Hologram ala Star Wars appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar