Blogger templates

Rabu, 30 Maret 2016

Xiaomi Luncurkan Alat Penanak Nasi Pintar yang Bisa Dikontrol Melalui Smartphone

Beberapa waktu lalu kamu mungkin sudah sempat membaca sepeda pintar dan TV super tipis dari Xiaomi. Kali ini perusahaan teknologi asal Cina tersebut mengumumkan bahwa mereka telah memproduksi alat penanak nasi pintar, yang dibuat untuk melengkapi produk rumah pintar dari Xiaomi.


Sebelumnya, Xiaomi sempat meluncurkan alat pembersih udara, pembersih air, monitor tekanan darah, dan smart segway. Semuanya adalah produk-produk selain smartphone yang diproduksi Xiaomi. Akan tetapi alat penanak nasi merupakan alat yang sering dipakai penduduk-penduduk di Asia, yang mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok.


Alat pintar benama lengkap “MIJIA Induction Heating Pressure Rice Cooker” ini bahkan bisa dikontrol menggunakan sebuah aplikasi smartphone. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengatur dan mengubah kelembutan nasi sesuai keinginan.


Seperti produk-produk lain, Xiaomi tidak memproduksi langsung alat penanak nasi pintar ini. Melainkan melalui salah satu portofolio Xiaomi, yaitu Chun Min. Sehingga tidak heran apabila Xiaomi tidak menggunakan awalan “Mi” untuk menamai alat ini.


Xiaomis-smart-rice-cooker-launched-photo-02-800x500


“Pengguna bisa memindai bungkus beras yang akan mereka gunakan untuk mengetahui jenis, merek, dan asal beras, kemudian alat penanak nasi ini akan otomatis mengatur tingkat panas agar sesuai dengan beras tersebut. Saat ini terdapat sekitar 200 merek beras yang telah didukung, dan akan terus bertambah ke depannya,” ungkap Xiaomi, dikutip dari TechCrunch.


Selain bisa digunakan untuk menanak nasi, alat ini ternyata bisa juga digunakan untuk membuat kue. Kemampuan ini merupakan inspirasi dari alat-alat penanak nasi canggih buatan Jepang. Kombinasi kontrol tekanan, pemanas induksi, dan lapisan besi akan menghasilkan rasa nasi dan kue yang unik.


Bagaimanapun alat ini baru tersedia di Cina dan belum ada informasi kapan dipasarkan secara global. Sedangkan harganya bisa dibilang cukup mahal untuk sebuah alat penanak nasi, yaitu US$150 (sekitar Rp2 juta). Akan tetapi angka tersebut masih lebih murah apabila dibandingkan dengan alat penanak nasi canggih Jepang yang rata-rata dijual dua kali lipat lebih mahal.


Baca juga: Xiaomi Luncurkan TV Layar Lengkung yang Lebih Tipis dari iPhone 6s


(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)


The post Xiaomi Luncurkan Alat Penanak Nasi Pintar yang Bisa Dikontrol Melalui Smartphone appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar