Blogger templates

Senin, 28 Maret 2016

OnePlus X “Lahir” Lagi di Indonesia?

Membaca judul di atas, mungkin kamu akan bertanya-tanya, mengapa kami membahas lagi OnePlus X setelah melakukan hands-on dan review di tahun 2015 lalu. Hari ini (28/3), OnePlus akhirnya resmi melakukan penjualan smartphone ini dengan menggandeng Blibli.


Akan tetapi, tidak hanya itu saja, ada beberapa fakta menarik seputar “kehadiran” kembali perangkat ini di tanah air. Apa saja? Simak saja di bawah ini.


Turun harga


Bulan Oktober lalu harga OnePlus X berada di kisaran Rp4 juta. Kabar gembiranya, harganya telah turun menjadi Rp3,4 juta saja. Bila kamu beruntung mendapatkannya hari ini, kamu akan mendapati harganya menjadi Rp2,8 juta saja. Diskon tambahan didapat dari mendaftar di forum OnePlus dan potongan dari kartu kredit yang telah bekerja sama dengan Blibli.


Terkait penurunan harga ini, Community Manager OnePlus, Shinta Hawa Tandari, mengatakan penyebabnya bukan hanya karena produk ini sudah lama diluncurkan namun baru dijual resmi. “Kurs juga berpengaruh, sih, tapi terlepas dari itu kami ingin menghadirkan produk dengan harga yang sesuai dengan pasar Indonesia,” tuturnya.


OnePlus X “Versi Indonesia”


OnePlus X_2


Apakah ada perbedaan OnePlus X yang dirilis sekarang dengan yang dulu sudah diperkenalkan pada rilis global? Di sini ada fakta menarik yang dikemukakan tim OnePlus. “Yang dijual adalah versi 3G,” tutur Shinta. Lo, apanya yang Indonesia?


Shinta menambahkan bila kebijakan ini dikeluarkan sebagai solusi atas sulitnya proses sertifikasi TKDN untuk perangkat 4G di Indonesia. Buat kamu yang belum tahu, versi global OnePlus X sudah mendukung 4G.


Konsumen sudah cukup pintar dalam menyikapi hal ini. Yang pasti, perangkat yang kami jual 3G.



Tidak dijelaskan pasti, memang, apa yang dimaksud dengan “cukup pintar” tadi. Namun Shinta memberikan clue dengan mengatakan bila proses root sekalipun tidak akan menghapus garansi. Sekadar informasi, saat ini sudah ada 11 service center OnePlus yang ada di Indonesia.


Ketika ditanya mengapa OnePlus tidak menggandeng partner lokal seperti yang dilakukan vendor lain, Shinta menimpali bila cost untuk itu terlalu tinggi bagi perusahaan rintisan. “Meskipun sudah berjalan dua tahun, OnePlus tetap sebuah startup. Selain itu, proses TKDN sendiri sangat lama, dan mengakibatkan banyak produk yang terhambat penjualannya,” lanjutnya.


Bagaimana kelanjutan OnePlus 2?


Masih gara-gara TKDN tadi, OnePlus 2 yang hadir dengan spesifikasi memukau dan harga cukup menggiurkan harus batal masuk ke Indonesia. Lalu apakah dengan tidak menyertakan fitur 4G, OnePlus 2 akan masuk ke Indonesia?


Sejauh ini dari pihak OnePlus regional masih mengatakan tidak akan memasukkan OnePlus 2. OnePlus X juga dinilai lebih pas untuk pasar Indonesia.



Ke depan, tentu kamu berharap bisa mendapatkan OnePlus 3 secara resmi di tanah air. Apakah perangkat ini juga akan hadir “hanya” dengan fitur 3G? Shinta sendiri belum bisa memberikan kepastian.


“Saat ini OnePlus 3 masih berada dalam tahap pengujian. Namun untuk sementara bisa jadi akan hadir tanpa dukungan 4G,” tandasnya.



Pihak Blibli, selaku partner OnePlus untuk penjualan produknya, berharap bila pemerintah tidak “tebang pilih” dalam memberikan izin penjualan smarthone 4G di berbagai e-commerce di tanah air.


Bagaimanapun, keputusan OnePlus untuk tidak menghadirkan fitur 4G di perangkatnya tentu menimbulkan banyak tanda tanya, hal ini dikarenakan mayoritas operator seluler di tanah air semakin gencar menghadirkan layanan berbasis 4G.


Baca juga: Kesan 5 Menit Menggunakan OnePlus 2


(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)


The post OnePlus X “Lahir” Lagi di Indonesia? appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar