Blogger templates

Rabu, 30 Maret 2016

Review Senran Kagura: Estival Versus – Ninja Bertindak, Waifu Menggeliat

Review Senran Kagura: Shinovi Versus yang pernah saya buat dua tahun lalu serasa baru saya tulis kemarin begitu saya memainkan seri terbarunya yaitu Senran Kagura: Estival Versus. Perbedaan besar tentunya bisa terlihat di bagian visual untuk game versi PS4. Ya, ini merupakan seri pertama Senran Kagura yang berhasil mengguncang para pengguna PS4 dengan 60 fps yang “kenyal”.


Namun selain visual, adakah sesuatu yang benar-benar berubah dalam Senran Kagura: Estival Versus? Saya telah membuat sebuah daftar sederhana untuk memberikan gambaran:


  • Boobs, lengkap dengan efek fisika luar biasa – Ada

  • AssAda

  • Aksi ninja super cepat – Ada

  • Dialog konyol – Ada

  • Dressing Room yang bikin kamu merinding – Ada

  • Gameplay yang sama sekali tidak repetitif – Jangan berharap banyak

Oke, sepertinya tidak banyak hal terlihat berbeda dari iterasi yang sekarang atau sebelumnya. Namun, apakah hal tersebut sepenuhnya benar? Apakah Kenichiro Takaki mengapitkan sesuatu yang menarik pada sekuel dari spin-off Senran Kagura ini? Mengapa video pembuka dari game ini membuat saya ingin ngidol? Apakah gaya tulisan saya masih sama dengan review dua tahun lalu? Mari kita cari tahu.




Mari Liburan ke Pulau Impian


Kisah dalam Senran Kagura: Estival Versus dibuat menjadi jauh lebih santai dan ringan bahkan untuk ukuran sebuah game Senran Kagura yang terkenal tidak terlalu serius. Para gadis shinobi dari berbagai sekolah secara misterius dikumpulkan di sebuah pulau untuk saling bertarung demi mendapatkan pangkat shinobi tertinggi. Selain itu, mereka diceritakan bisa kembali menemukan bahwa shinobi yang merupakan kerabatnya yang sudah mati kini kembali hidup dan bisa berkomunikasi dengan mereka.


Hal ini menyebabkan dilema di kalangan para gadis karena di satu bagian mereka ingin supaya mereka bisa kembali ke dunia nyata, sementara di lain hal mereka juga ingin tinggal bersama para kerabatnya di pulau tersebut. Mungkin cerita yang disuguhkan terdengar agak serius, namun setelah kamu mencoba mengikutinya, sebenarnya cerita yang ada malah terasa cukup ringan, terutama berkat dialog antar karakter yang cukup kocak dan fakta bahwa satu pulau tersebut hanya diisi gadis shinobi dengan pakaian yang mudah robek.


Senran Kagura Estival Versus - Cut 1


Di luar cerita utama, kamu juga akan menemukan cerita sampingan dalam mode Shinobi Girl’s Heart. Sama seperti seri sebelumnya, mode ini memang memberikan sedikit potongan cerita yang lebih berfokus pada karakter yang kamu pilih, namun cerita tersebut tidak akan terlalu menempel di pikiranmu karena cerita yang disediakan lebih bersifat fan-service dan kamu malah akan lebih sibuk bertarung di dalamnya.


Senran Kagura Estival Versus - Featured


Fan-Service? Makanan Tiap Hari


Jika kamu melihat gambar kover game ini dan berpikir bahwa kamu hanya akan mendapatkan sebuah game bergaya musou (Dynasty Warriors) yang dipenuhi jurus-jurus keren saja, maka … kamu setengah benar sih. Di luar jurus-jurus keren dan gameplay musou yang cepat, seri Senran Kagura akan membawakan satu hal yang tidak selalu dibutuhkan tapi akan selalu diminta, apalagi kalau bukan fan-service. Seperti review sebelumnya, kalau kamu merasa tidak siap mendengar hal-hal yang cukup ofensif dalam review ini, silakan tutup halaman ini.


Fan-service masih menjadi jiwa dan semangat yang dibawa dalam Senran Kagura: Estival Versus. Setiap momen, baik itu ketika kamu menghajar musuh atau dihajar balik, kamu akan melihat beberapa adegan umum seperti baju yang robek-robek, pakaian dalam yang terekspos, hingga sinar dewa. Benar sekali, teman-teman. SINAR. DEWA. Semua itu tidak terlihat di dalam cutscene, tapi ketika kamu tengah bermain membabat ratusan orang di depanmu.


Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 2


Pertamanya, mungkin kamu akan merasa bingung dengan apa yang akan terjadi, tapi perlahan kamu akan mulai membangun tingkat ketahanan terhadap unsur-unsur fan-service tersebut. Akhirnya, setelah kamu cukup sering melihat  kamu malah akan menertawakan hal aneh yang muncul di layar.


Tambahan baru lain yang bisa kamu temukan dalam Senran Kagura: Estival Versus adalah Creative Finisher. Creative Finisher mungkin bisa dianggap seperti sebuah Stage Fatality yang ada dalam seri Mortal Kombat, hanya saja yang terjadi di sini bukanlah pembunuhan yang sadis, tapi cara mempermalukan gadis yang sadis.


Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 3


Jika kamu berhasil mengaktifkannya, maka pakaian sang target akan lenyap dan kamu akan melihat adegan yang sangat … euh, memalukan bagi korban tapi mungkin menghibur bagi sebagian dari kamu. Sebagai contoh, jika kamu berhasil mengalahkan lawan di dekat lapangan voli pantai, maka pakaian sang lawan akan terlepas sampai telanjang dan dia akan terlempar ke net dan kemudian terbaring, terikat oleh net tersebut.


Bagi sebagian orang, mungkin hal ini terlalu berlebihan dan bisa dibilang mampu membuat merinding. Tapi, bagi mereka yang memiliki keberanian lebih kuat daripada mereka yang mengikuti ajang uji nyali, maka fan-service tersebut justru akan membuat mereka kembali memainkan Senran Kagura: Estival Versus.


Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 4


Game Action Seru yang Repetitif


Menjauh dari segala sesuatu yang bisa memikat mata, gameplay yang disuguhkan Tamsoft dalam Senran Kagura: Estival Versus kurang lebih masih sama seperti seri sebelumnya. Jika ingin dijelaskan secara sederhana, Senran Kagura: Estival Versus memiliki gameplay layaknya sebuah game musou (Dynasty Warriors), namun dengan kecepatan yang lebih tinggi. Kamu akan dituntut untuk melawan banyak musuh dalam satu layar dan yang nantinya akan berujung pada pertarungan melawan karakter lain.


Serangan bisa dibangun dengan mudah seperti dengan menekan tombol kotak berkali-kali saja. Sedikit variasi bisa dilakukan dengan menahan tombol segitiga untuk mengaktifkan Breach Art yang bisa menghancurkan pertahanan. Kamu juga bisa melakukan semacam ninja dash ataupun melakukan cancel untuk kebutuhan taktis lainnya mulai dari penyerangan hingga pengelakan.
Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 14


Selain itu, sebenarnya serangan yang menurut saya akan lebih sering digunakan adalah Aerial Rave. Dengan Aerial Rave, kamu akan menyerang secara bertubi-tubi musuh yang sudah terlempar ke udara. Penggunaannya juga kurang lebih sama dengan yang ada di Senran Kagura: Shinovi Versus yaitu kamu melakukan serangan kombinasi yang mampu menghasilkan lingkaran hijau, lalu kamu melakukan dash menuju musuh yang terlempar, dan mulai menyerang tanpa ampun.


Ada sebuah penambahan dalam Senran Kagura: Estival Versus yaitu kamu bisa melakukan Aerial Rave bersama dengan rekanmu dan menghasilkan damage yang lebih besar. Benar sekali, dalam Senran Kagura: Estival Versus kamu bisa bertarung bersama dengan karakter lainnya untuk melancarkan serangan secara bersama-sama.


Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 6


Shinobi Transformation tentunya masih menjadi elemen gameplay yang bisa mengubah laju permainan. Dengan mengaktifkannya, kamu akan masuk ke adegan perubahan ala mahou shoujo hanya dengan pengarahan yang lebih mesum. Setelah berubah, shinobi pilihanmu akan berubah penampilan, HP miliknya akan terpulihkan, dan jenis serangan maupun kekuatannya akan ikut berubah.


Selain Shinobi Transformation, Frantic Mode juga masih hadir untuk memberikan alternatif serangan yang berbeda. Cara pengaktifannya juga cukup … menarik. Kamu akan menekan tombol R1 (di PS4) atau R (di PS Vita) dan segitiga lalu menekan dua bagian touchpad (PS4)/menggeser touchscreen (PS Vita) ke dua arah yang berlawanan. Karaktermu nantinya akan hanya menggunakan pakaian dalam saja dan mampu melancarkan serangan tanpa henti dengan daya rusak tinggi.


Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 7


Dua mode perubahan tersebut jelas memberikan opsi taktik yang berbeda tergantung situasi yang sedang kamu hadapi. Hal itu memang memberikan variasi permainan, namun tidak sepenuhnya membuat permainan terasa dinamis atau berbeda setiap kali kamu mengganti level atau skenario. Tidak jarang kamu akan merasa cepat bosan ketika tengah bermain meski layar dipenuhi shinobi yang setengah telanjang.


Serangan pamungkas juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan satu atau lebih gulungan ninja setelah kamu berubah. Serangan yang dihadirkan pastinya memiliki tampilan yang sangat keren dan berbeda-beda dari satu karakter dengan karakter lainnya. Gunakan dengan tepat, maka kamu bisa mengalahkan lawan dalam waktu yang relatif singkat dibanding membabibuta dengan serangan biasa.


Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 8


Secara garis besar, gameplay yang ada dalam Senran Kagura: Estival Versus bisa dibilang memuaskan. Kamu serasa menjadi jagoan super kuat yang mampu melibas sekumpulan musuh dengan sangat mudah. Meski demikian, tentunya game ini bukan tanpa cacat sama sekali.


Masalah utama yang dimiliki game ini adalah betapa repetitifnya satu level dengan level lainnya. Tidak ada tujuan lain dalam game selain menghabisi semua musuh secepat-cepatnya. Lingkungan yang dihadirkan juga agak terbatas sehingga kamu akan sering mengulang level yang sama.


Sejumlah variasi bisa ditemukan dalam Online Mode, namun dikarenakan jumlah orang yang aktif saat bermain online sangatlah sedikit, variasi mode tersebut seringkali tidak bisa dinikmati dengan mudah.


Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 10


Pick Your Waifu Simulator


Daya tarik lainnya dari seri Senran Kagura tentunya adalah di bagian para karakternya sendiri. Para shinobi yang menghiasi layarmu memiliki penampilan serta kepribadian yang sangat berbeda-beda yang saya rasa satu atau dua karakternya bisa jadi tipe perempuan idamanmu.


Dengan menghadirkan lebih dari 25 karakter shinobi yang memiliki bermacam-macam kepribadian, mungkin Kenichiro Takaki dan Tamsoft sedang berusaha memuaskan keinginan para gamer yang mendambakan perempuan kuat berpenampilan sesuai selera mereka.


Tidak cukup dengan semua itu? Masih ada Dressing Room di mana kamu bisa melakukan berbagai … eksperimen untuk memuaskan fantasimu. Dalam Dressing Room, kamu bisa mengubah penampilan dari gadis pilihanmu entah dari pakaian, aksesoris, bahkan hingga pakaian dalam.


Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 11


Tidak ada efek tertentu seperti penambahan atau pengurangan kemampuan bertarung ketika kamu memutuskan mengubah penampilan mereka, sehingga ini adalah murni pengalaman visual saja. Kamu juga bisa mengatur pose dari sekelompok gadis pilihanmu untuk nantinya difoto. Fitur ini bisa dibilang merupakan tambahan yang cukup menyenangkan.


Senran Kagura Estival Versus - Cut 2

Tapi kalau visual tidak cukup, Dressing Room juga punya fitur “rahasia” di mana kamu bisa melakukan pelecehan kegiatan yang sebaiknya hanya dilakukan pada figure cast-off milikmu saja. Kamu bisa menggerayangi bagian tubuh gadis yang kamu pilih, mengangkat rok yang ia gunakan, dan mengetes apakah hukum Newton bekerja dengan baik pada salah satu bagian tubuh gadis pilihanmu. Harap jangan dilakukan di depan umum karena malah hukum Murphy yang akan berlaku.

Dengan menggunakan DualShock 4 atau touchscreen dan touchpad PS Vita milikmu, kamu bisa melakukan berbagai hal lain juga dalam Dressing Room seperti merobek pakaian sang gadis dengan melakukan gerakan mengocok (di PS4) atau menggosok (di PS Vita). Kamu juga bisa melakukan adegan ciuman dengan gadis yang kamu pilih setelah kamu membuat meteran hati mereka penuh.



Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 9


Tampilan Grafis Optimal di PS4


Senran Kagura: Estival Versus tampil dengan cukup baik di platform PS4. Ini bisa dibuktikan dengan presentasi yang jauh lebih baik dibanding versi PS Vita. Gambar disajikan dengan resolusi 1080p dan berjalan dalam 60 fps yang cukup stabil di kebanyakan sesi permainan. Efek-efek visual seperti pencahayaan, bayangan, anti-alias, hingga depth of field digunakan dengan cukup baik meski beberapa bagian lain seperti tekstur masih ada yang terasa belum sempurna.


Tentunya, ini bukan berarti versi PS Vita adalah versi yang inferior. Karena game ini mampu berjalan dengan stabil di PS Vita yang sifatnya mobile, hal tersebut justru membuat Senran Kagura: Estival Versus sangat cocok dimainkan secara diam-diam … terutama kalau kamu tidak mau dipandang dengan mata kasihan oleh orang tua kamu di rumah. Iya, saya cuma bercanda, tapi yang jelas game ini tetap nyaman dimainkan di layar kecil sekalipun.


Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 13


Kualitas animasi yang dihadirkan dalam Senran Kagura: Estival Versus juga sudah lebih meningkat dibanding Senran Kagura: Shinovi Versus. Ini paling bisa dilihat di bagian adegan Shinobi Transformation dan juga adegan pakaian yang robek karena menghadirkan animasi yang berbeda dari satu karakter dengan karakter lainnya.


Untuk sebuah game yang tidak berasal dari developer besar, Senran Kagura: Estival Versus terhitung memiliki nilai produksi yang cukup tinggi di bagian grafis. Rasanya saya bisa merasakan panasnya jiwa membara para developer ketika berusaha supaya Senran Kagura: Estival Versus bisa dinikmati para penggemarnya.


Senran Kagura Estival Versus - Screenshot 12


Kesimpulan


Senran Kagura: Estival Versus jelas bukanl game untuk semua orang, mengingat tema yang dibawakan oleh game ini ditujukan untuk orang-orang yang cukup terbuka terhadap lelucon dewasa. Namun bila membicarakan soal gameplay dan visual, Senran Kagura: Estival Versus memiliki nilai produksi yang terhitung cukup baik. Meski memang masih memiliki penyakit lama seperti gameplay repetitif, setidaknya game ini merupakan game Senran Kagura yang memang ditujukan untuk para penggemar setianya.


PlayStation Store (US): Senran Kagura: Estival Versus – PS4, $49,99 (Rp662.000)


PlayStation Store (US): Senran Kagura: Estival Versus – PS Vita, $39,99 (Rp530.000)



The post Review Senran Kagura: Estival Versus – Ninja Bertindak, Waifu Menggeliat appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar