Blogger templates

Senin, 29 Februari 2016

Harga Sama, Raspberry Pi 3 Kini Dilengkapi dengan Wi-Fi dan Bluetooth

Masih ingat dengan apa itu Raspberry Pi? Mulai Senin (29/2), komputer mungil yang dijual dengan harga US$35 (sekitar Rp468.000) ini kini hadir dalam versi terbaru. Raspberry Pi 3 mungkin bisa dibilang merupakan iterasi dengan perubahan paling signifikan.


Bagaimana tidak, model baru ini masih dibanderol dengan harga US$35, tetapi kali ini sudah dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11n dan Bluetooth versi 4.1. Sehingga pengguna yang ingin Raspberry Pi mereka terhubung dengan jaringan internet tidak perlu lagi repot menambahkan modul atau menggunakan slot RJ45.


Tidak hanya itu, dari segi prosesor, Raspberry Pi 3 diklaim lebih cepat. Raspberry Pi 3 menggunakan prosesor ARM Cortex-A53 dari Broadcom, dengan spesifikasi 64-bit Quad-Core dan berkecepatan 1,2 Ghz. Ini merupakan peningkatan dari prosesor 32-bit 900Mhz di versi sebelumnya.


Sedangkan untuk kapasitas RAM tidak mengalami perubahan, masih tetap menggunakan RAM 1 GB. Dengan kemampuan prosesor dan kapasitas RAM yang memadai, Raspberry Pi 3 mengalami peningkatan performa sebesar 50 persen dibandingkan versi sebelumnya.


Dari segi desain dan struktur slot, Raspberry Pi 3 tidak mengalami banyak perubahan. Begitu juga dengan dukungan input dan output, Raspberry Pi 3 masih dilengkapi dengan empat slot USB, sebuah slot RJ45, dan dukungan GPIO 40 pin.


Di luar negeri, Raspberry Pi banyak digunakan di dunia pendidikan. Khususnya bagi sekolah-sekolah yang tidak memiliki banyak dana untuk membeli komputer. Sebuah Raspberry Pi sudah cukup digunakan untuk keperluan dasar sebuah komputer, seperti untuk mengetik dokumen dan berselancar di internet.


Beberapa waktu lalu, Raspberry Pi sempat meluncurkan komputer seukuran kartu kredit bernama Raspberry Pi Zero yang dijual dengan harga US$5 (sekitar Rp66.000). Dengan harga yang sangat terjangkau, Raspberry Pi Zero terjual habis dalam waktu empat hari saja.


Bagi kamu yang tertarik dengan Raspberry Pi 3, kamu bisa mendapatkannya di element14, RS Component, dan juga toko-toko online lain.


Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Raspberry Pi Zero, Komputer Mungil Seharga $5

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)


The post Harga Sama, Raspberry Pi 3 Kini Dilengkapi dengan Wi-Fi dan Bluetooth appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar