Blogger templates

Senin, 29 Februari 2016

Rangkuman Berita Teknologi Minggu Ini (28/2): iPhone Terbaru Akan Meluncur Akhir Maret, WhatsApp Stop Dukung BlackBerry, dan Kerja Sama Huawei dengan Leica

Minggu ini, telah kami rangkum beberapa berita teknologi paling menarik. Mulai dari kabar iPhone terbaru, rencana dihentikannya dukungan WhatsApp untuk BlackBerry, teknologi otomatisasi dari Volvo, jadwal update Android Marshmallow untuk perangkat Asus, tren kamera smartphone, dan kerja sama Huawei dengan produsen kamera Leica.


Tanpa membuang-buang waktu, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Akhir bulan Maret iPhone terbaru akan diperkenalkan


iphone-6c

Sumber gambar 9to5Mac



Apple dikabarkan sedang menyiapkan iPhone terbaru dan akan memperkenalkannya antara tanggal 21 hingga 23 Maret 2016. Buat kamu yang baru saja membeli iPhone 6s atau 6s Plus, jangan khawatir. Smartphone rancangan tim Jony Ive tersebut bukan iPhone 7, melainkan iPhone yang ukurannya lebih kecil dari iPhone 6s.


Namanya sendiri masih simpang siur. Ada yang menduga namanya adalah 6c, 5se, bahkan iPhone mini. Selain itu, menurut kabar yang beredar, Apple juga akan meluncurkan pembaruan tablet dan lini jam tangan pintar mereka.


Selamat tinggal WhatsApp untuk BlackBerry


whatsapp-blackberry


Lewat blog resminya, WhatsApp mengungkapkan rencana untuk menghentikan dukungan WhatsApp pada platform BlackBerry, termasuk BlackBerry 10. Pengguna smartphone BlackBerry masih bisa menggunakan aplikasi berkirim pesan yang kini sudah menginjak usia tujuh tahun itu hingga akhir 2016.


Menurut blog tersebut, alasan di balik keputusan tersebut karena platform BlackBerry tidak “menawarkan kemampuan yang cukup untuk pengembangan fitur-fitur baru di masa depan.” Selain untuk BlackBerry, WhatsApp juga akan memberhentikan dukungan untuk platform Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android 2.1 dan 2.2, serta Windows Phone 7.1.


Volvo perkenalkan teknologi otomatisasi, tetapi bukan untuk mobil



Volvo, produsen mobil asal Swedia, mendemonstrasikan sistem kendali otomatis. Kali ini bukan untuk mobil mereka, melainkan pada alat untuk mengosongkan bak sampah. Dilengkapi berbagai sensor, ROAR (RObot based Autonomous Refuse handling) mampu mengenali jika ada rintangan di depannya, dan akan menghindar atau berhenti secara otomatis agar tidak membahayakan manusia.


Teknologi ini dikembangkan bersama-sama dengan mahasiswa dari tiga universitas, yaitu Chalmers University of Technology, Mälardalen University, dan Penn State University. Dibutuhkan waktu selama empat bulan untuk mendesain dan membangun prototipenya.


Tidak disebutkan apakah ROAR akan diproduksi secara massal. Per-Lage Götvall, manajer proyek pengembangan robot Volvo hanya menyebutkan kalau tujuan teknologi ini adalah untuk menstimulasi imajinasi timnya


“Juga untuk mengetes konsep baru yang dapat membentuk solusi transportasi di masa depan,” katanya.


Sabar, update Marshmallow untuk perangkat Asus masih lama


android-marshmallow


Jika kamu membeli smartphone Zenfone dan tablet PadFone S dari Asus dan ingin mendapatkan pembaruan Android 6.0 Marshmallow, kamu harus menunggu hingga kuartal dua tahun ini (antara bulan April hingga Juni). Dikutip dari Android Authority, Asus tidak memberikan perubahan apa saja yang akan terdapat pada pembaruan itu. Namun, yang pasti, Asus tidak akan menyertakan aplikasi buatan mereka sendiri, seperti Mail, Calendar, dan Messenger, karena akan menggunakan aplikasi bawaan dari Google.


Berikut adalah daftar lengkap perangkat Android Asus yang akan mendapatkan pembaruan Marshmallow:


  • PadFone S (PF500KL)

  • ZenFone 2 (ZE550ML, ZE551ML)

  • ZenFone 2 Deluxe (ZE551ML)

  • ZenFone 2 Deluxe Special Edition (ZE551ML)

  • ZenFone 2 Laser (ZE500KG, ZE500KL, ZE550KL, ZE551KL, ZE600KL, ZE601KL)

  • ZenFone Selfie (ZD551KL)

  • ZenFone Max (ZC550KL)

  • ZenFone Zoom (ZX551ML)

Produsen smartphone akhirnya menyadari kalau ukuran megapiksel bukan yang utama


sensor-iphone


“Perang megapiksel” di industri smartphone tampaknya akan segera berakhir. Menurut Ryan Reith, analis dari firma riset IDC, produsen smartphone mulai menyadari kalau ukuran megapiksel yang besar tidak berbanding lurus dengan kualitas gambar.


Hal ini sudah sejak lama dilakukan oleh Apple pada lini iPhone mereka. Banyak pihak yang mengolok-olok kamera pada iPhone terbaru, menyebutnya sebagai kamera smartphone Samsung tahun lalu. Padahal, banyak yang tidak menyadari jika Apple melakukan peningkatan pada ukuran sensor kamera.


Peningkatan tersebut mengizinkan sensor menangkap lebih banyak cahaya. Sehingga, walaupun ukuran sensornya sama, kualitas gambar yang dihasilkan meningkat dengan drastis.


Hal ini—akhirnya—diikuti oleh beberapa produsen, seperti Oppo pada seri F1, Samsung pada smartphone Galaxy S7 dan S7 Edge yang baru saja diluncurkan (ukuran megapikselnya turun dari 16 MP pada model sebelumnya menjadi hanya 12 MP saja), serta Sony yang ukuran megapiksel pada seri Xperia terbarunya tidak mengalami peningkatan dari model last-gen.


Huawei umumkan kerja sama dengan Leica


huawei-leica

Sumber gambar blog Leica



Masih seputar kamera smartphone, Huawei memilih strategi yang berbeda untuk meningkatkan kualitas foto gadget buatannya. Vendor asal China yang menempati posisi ketiga penjualan smartphone di dunia ini mengumumkan kerja sama dengan Leica, produsen kamera dan lensa asal Jerman—yang dikenal merilis produk-produk fotografi berkualitas, namun dengan harga premium.


Sayangnya, belum jelas apakah Leica hanya akan menyuplai lensa saja, atau juga turut andil dalam pengembangan teknologi kamera smartphone Huawei. Sekadar informasi, Leica baru bekerja sama dengan satu vendor smartphone, itu pun untuk satu perangkat saja, yaitu Panasonic DMC CM1.


(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)


The post Rangkuman Berita Teknologi Minggu Ini (28/2): iPhone Terbaru Akan Meluncur Akhir Maret, WhatsApp Stop Dukung BlackBerry, dan Kerja Sama Huawei dengan Leica appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar