Blogger templates

Minggu, 28 Februari 2016

Review Psebay – Bayangan Roda-Roda Gila

Jika kamu mencari game bertema motor (baik itu di Android maupun di iOS), kamu mungkin menyadari jika sebagian game yang ada di sana rata-rata mengusung model permainan lintas jalur ekstrem ala trials, yang mana memang cocok diterjemahkan ke dalam perangkat mobile.


Kesan permainan Trials yang begitu kental inilah yang juga saya rasakan ketika menjumpai Psebay di dalam daftar game Android terbaru minggu lalu. Ketika pertama kali bermain Psebay, saya akui awalnya game ini tampak tak berbeda dengan game tiruan Trials Frontier lain yang sudah ada di Google Play.


Namun dengan tampilan bayangan siluet dan segelintir fitur yang dimilikinya, Psebay memiliki karakteristik unik yang menjadikannya kandidat game mobile paling menarik yang bisa kamu temukan di bulan Februari. Seberapa unik? Mari kita simak ulasannya bersama-sama.


Gameplay Lama dengan Segelintir Pendekatan Baru


Psebay | screenshot 1


Dari segi gameplay, sebetulnya tidak banyak hal baru yang bisa kita temukan di Psebay. Objektif game ini sama seperti game motor trail offroad lainnya yang bisa dengan mudah kita temui di Google Play. Dalam Psebay, kamu hanya perlu memacu motormu melewati bermacam jenis medan hingga menuju garis finis, sambil berhati-hati agar tidak terjatuh atau kamu akan mengulangi semuanya dari awal.


Untuk kontrolnya sendiri, di sini kamu disediakan tombol posisi kanan dan kiri untuk mengubah tumpuan karaktermu di saat mengemudi. Selain itu ada juga tombol gas dan rem yang penggunaannya penting untuk menyelesaikan puluhan rintangan level dalam game ini.


Psebay | screenshot

“Uh… oh… sheeeiiittt!!”



Tantangan level yang disajikan Psebay sendiri tergolong standar untuk ukuran game lintas jalur ekstrem ala trials. Di sini kamu akan menghadapi bermacam jenis tanjakan mulai dari yang landai hingga yang paling curam, hambatan blokade, platform berputar, dan berbagai rintangan lainnya.


Untungnya Eugeny Butakov selaku kreator, tidak mengutamakan faktor realistis sebagai patokan dalam penyajian level Psebay. Hasilnya? Well, semakin jauh kamu bermain, semakin aneh dan beragam pula susunan level yang kamu hadapi, dan ini menjadi salah satu keunikan yang memberikan nilai tersendiri bagi Psebay.


Psebay | screenshot 3


Dikarenakan struktur arenanya yang tergolong tidak biasa, tak jarang beberapa level yang kita jumpai dalam Psebay memerlukan trik dan pendekatan bermain yang sangat tricky, sehingga memakan proses trial and error yang tidak sedikit.


Agar semakin seru, Butakov menyertakan semacam power-up mutator yang berfungsi untuk mengubah gravitasi dari susunan level. Setiap kamu memungut power-up ini, otomatis lingkungan sekitarmu akan berputar searah jarum jam dan kamu diminta untuk sigap mengantisipasi segala perubahan yang terjadi.


Hal tersebut memberikan kejutan tersendiri bagi permainan Psebay dan secara tak langsung melipatgandakan tingkat kesulitan game ini di beberapa level. Masih membekas di ingatan saya bagaimana saya menghabiskan tiga puluh menit untuk aksi trial and error dalam satu level yang membuat saya restart berkali-kali. Cukup membuat frustrasi memang, tapi hei … bukannya memang di situlah letak nikmatnya bermain game semacam ini?


Beginilah Jadinya Ketika Trials Bertemu dengan LIMBO


Psebay | Screenshot 4

Kamu lihat butiran-butiran aneh itu? Itu adalah power-up untuk mengubah arah gravitasi dalam game ini



Membicarakan Psebay, saya pikir tidaklah lengkap jika tidak menyinggung sedikit soal arahan gaya visualnya yang sangat cantik dan artistik. Dengan penyajian gambar yang mengingatkan saya dengan visualisasi siluet ala LIMBO, Psebay memanjakan mata dengan nuansa lingkungannya yang atmosferis, bahkan terkesan surealis di beberapa level.


Menariknya lagi, Eugeny Butakov juga menyertakan sebuah fitur editor level untuk mewadahi keinginanmu membuat lintasan ekstrem versi kamu sendiri. Penggunaan fitur ini tergolong cukup mudah karena kamu cukup menggoreskan bentuk lintasan yang diinginkan dengan jarimu. Bila lintasan dirasa sudah beres, kamu juga bisa  menambahkan bermacam objek serta beberapa hiasan kecil untuk memperbagus bentuk lintasan bermain.



Fitur editor yang cukup menarik tadi hanya bisa diakses apabila kamu telah membeli fitur full game unlock yang sekaligus akan membuka mode Infinite Level, di mana kamu bisa bersaing skor dengan pemain lain dalam level yang mereka buat.


Biaya IAP full unlock dari Psebay sendiri tergolong sangat murah yakni seharga Rp29.000 untuk versi iOS, dan Rp24.900 untuk versi Android. Selain membuka fitur yang saya sebutkan tadi, pembelian tersebut juga menghilangkan iklan sekaligus membuka akses ke seluruh upgrade performa dari pengendara motormu.


Psebay | screenshot 4

Bila kamu tidak membeli fitur unlock sepenuhnya, maka upgrade performa pengemudimu hanya dibatasi satu poin saja



Pada awalnya saya mengira jika keterbatasan upgrade motor yang disertakan Psebay akan membuatnya mustahil melewati bagian pertengahan game ini. Namun setelah saya coba, hingga detik ini saya telah berhasil melewati 39 dari total 47 level yang disediakan dengan hanya mengandalkan keberuntungan dan skill bermain.


Intinya kamu tetap bisa menikmati game ini secara gratis, walaupun artinya kamu akan berhadapan dengan iklan, keterbatasan fitur editor, dan mode Infinite Level. Oh ya, kamu bahkan juga bisa bermain Psebay secara offline, dan bila kamu bermain dengan cara ini, keberadaan iklan akan diminimalisir hingga saat kamu terkoneksi dengan internet kembali.


Kesimpulan


Psebay | screenshot 5

Walau latar musik aslinya cukup oke, saya suka bermain game ini sambil mendengarkan lagu-lagu psikedelik untuk menciptakan mood tersendiri



Meskipun permainan Psebay tidak banyak menawarkan hal yang baru bagi para pemain lama Trials (khususnya Trials Frontier),  namun dengan keberadaan segelintir keunikan yang dimilikinya, game ini mempunyai nilai lebih yang membuatnya layak untuk direkomendasikan kepada para penggemar game bertema sepeda motor di luar sana.


Walau kita bisa bermain game sepenuhnya tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun, saya sarankan kamu untuk mengapresiasi karya dari developer Eugeny Butakov yang membuat game ini seorang diri. Dengan harganya yang cukup terjangkau, saya pikir pembelian IAP tadi bisa menjadi rasa terima kasih kita atas hiburan seru yang bisa kita peroleh dari Psebay.




App Info











Psebay

Eugeny Butakov –  Feb 17, 2016

Genre:  Racing

Size:   32M

Installs:   10,000 – 50,000

Gratis



Download







The post Review Psebay – Bayangan Roda-Roda Gila appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar