Blogger templates

Sabtu, 27 Februari 2016

Hugo Barra Menjelaskan Kenapa Perlu Waktu 2 Tahun untuk Mengembangkan Mi 5

Kehadiran Xiaomi Mi 5, yang resmi diperkenalkan Rabu (24/2) waktu setempat, dinilai sangat terlambat. Di saat vendor lain rutin merilis suksesor sebuah smartphone setahun sekali, flagship Xiaomi sebelumnya, Mi 4, kini sudah menginjak usia 18 bulan.


Hugo Barra, VP urusan internasional Xiaomi, hari ini membeberkan bahwa perusahaannya “butuh waktu dua tahun untuk merancang Mi 5.” Ia mengungkapkan bahwa Xiaomi perlu berhati-hati dalam merancang Mi 5 secara sempurna, serta mengeliminasi setiap kekurangan yang biasanya ditemukan pada smartphone.


Mi 5 berusaha mencegah tonjolan kamera belakang



Barra menyajikan presentasi di hadapan para awak media dan penggemar Mi pada perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2016 yang bertempat di Barcelona, Spanyol.


Mantan eksekutif Google ini mengatakan bahwa lamanya waktu pengembangan sepadan dengan hasil akhirnya. Mi 5 memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dibanding ponsel saingannya dengan ukuran yang sama, namun bobotnya lebih ringan. Perubahan lainnya terdapat pada posisi kamera. Barra meyakini bahwa modul kamera terlihat sempurna disematkan di bagian kanan atas ponsel.


Kamera tersebut juga tidak menonjol, seperti yang biasa kita temukan pada banyak smartphone lain. Meski demikian, Mi 5 tetap memiliki fitur image stabilization, yang sebenarnya sudah menambahkan ketebalan pada modul kameranya.


Baca juga: Xiaomi Luncurkan Smartphone Flagship Terbaru Mi 5 Dengan Snapdragon 820, RAM 4GB, dan 128GB Flash


Menjaga agar kamera tidak menonjol, tegas Barra, adalah “suatu tantangan desain tersendiri.” Kendati Barra melontarkan pujian terhadap desain “agung” iPhone dan Samsung, ia berucap kalau Mi 5 menghindari kompromi dan kesalahan-kesalahan yang ada pada kedua flagship tersebut.


Xiaomi-Mi5-hands-on-photo-1


Ia memberi contoh lain, yaitu bezel. Layar 5,15 inci milik Mi 5 dibenamkan pada sasis yang besarnya sama dengan sasis iPhone 6s—sementara smartphone dari Apple tersebut ukuran layarnya hanya 4,7 inci.


“Kami memerhatikan desain secara mendetail supaya perangkat ini terlihat mengesankan,” ujarnya, seakan menceramahi Apple beserta Jony Ive perihal bagaimana prinsip desain yang seharusnya.


Masih ada satu lagi pencapaian Xiaomi. Mi 5 berbobot 129 gram, 14 gram lebih ringan dari iPhone 6s.


Pergesaran pasar


Mi 5 datang di saat Xiaomi sedang terpuruk. Penjualanponsel sedang melambat. Para pesaing berlomba-lomba membuat smartphone terjangkau namun premium, tetapi tidak terkesan murahan. Belum lagi pergeseran pola konsumen yang cenderung memilih ponsel mewah sekaliber iPhone maupun flagship dari Huawei.


Penampilan Hugo Barra saat menyampaikan presentasi pada ajang MWC tahun ini.

Penampilan Hugo Barra saat menyampaikan presentasi pada ajang MWC tahun ini.



Meski peluncurannya dinilai agak terlambat, namun berkat itu pula Xiaomi dapat memikirkan semua proses serta biaya secara matang, sehingga mereka dapat kembali meneruskan tradisi flagship murah. Mi 5 merupakan senjata utama bagi Xiaomi, khususnya di pasar berkembang yang para pelanggannya lebih mementingkan kualitas ketimbang gengsi dari ponsel mahal.


Barra menambahkan bahwa bukanlah kebetulan jika Mi 5 terlihat sama persis dengan Xiaomi Mi Note, sebab Xiaomi telah mempelajari banyak hal dari Mi Note. Mi Note, yang notabene dirilis lebih dari satu tahun yang lalu, juga kini dirasa perlu suksesor.


Baca juga: Update Xiaomi MIUI 7.1 Resmi Diluncurkan, Perangkat Apa Saja yang Kebagian?


“Biar bagaimanapun Xiaomi tetaplah sebuah startup,” ujar Barra, terlepas dari besarnya valuasi perusahaan yang bermarkas di Beijing ini dan raihan 70 juta penjualan smartphone mereka tahun lalu.


Sebelum mulai menguraikan kehebatan Mi 5 di hadapan para penonton, Barra mengungkapkan bahwa Xiaomi memiliki 750 pegawai—“kebanyakan engineer”—yang mengembangkan MIUI, Andoid versi mereka. Jumlah itu sama dengan keseluruhan tim Android di Google ketika Barra hengkang dari raksasa mesin pencari tersebut.


Jumlah itu jauh lebih banyak daripada tim hardware Xiaomi, sekaligus menekankan kutipannya pada awal presentasi bahwa “Mi” yang mewakili logo Xiaomi adalah kepanjangan dari “mobile internet.” Dan itu, tegasnya, adalah DNA Xiaomi.


(Diterjemahkan oleh Faisal Bosnia Ahmad dan diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)


The post Hugo Barra Menjelaskan Kenapa Perlu Waktu 2 Tahun untuk Mengembangkan Mi 5 appeared first on Tech in Asia Indonesia.





sumber:

0 komentar:

Posting Komentar